Tempat Duduk Paling Nyaman di Pesawat

11:39:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Memilih tempat duduk di pesawat bukanlah hal sepele karena posisi tempat duduk menentukan seberapa tenang dan nyaman perjalanan kita nanti. Apalagi jika jarak yang ditempuh sangat jauh otomatis akan cukup lama di dalam pesawat, bayangkan jika selama perjalanan rasanya tidak nyaman dan tidak tenang untuk beristirahat pasti akan capek hayati dan rohani. Harapannya pasti agar bisa beristirahat selama perjalanan di udara sehingga sesampainya di tujuan, kondisi tubuh tidak capek dan merasa segar.


Selain itu ada juga yang ingin dapat kursi / tempat duduk di pesawat yang dekat jendela supaya bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas selama dalam pesawat. Alasan memilih tempat duduk dekat jendela ini juga bukan hal yang remeh terutama bagi mereka yang baru pertama kali naik pesawat sebagai alat transportasi untuk bepergian, namun faktor kenyamanan selama perjalanan tidak bisa ditinggalkan.

Dari penjelasan singkat diatas sudah jelas bahwa pemilihan kursi / tempat duduk di pesawat bukanlah hal yang sepele, nah berikut ini saya akan coba ulas dan berikan tips memilih tempat duduk di pesawat sesuai dengan keinginan kita, akan saya coba bagi dalam tiga tujuan memilih tempat duduk dalam pesawat diantaranya adalah Tenang & Nyaman, Best View dan Ruang Lebih (Untuk Kaki atau Tangan).



Tenang & Nyaman

Memilih posisi duduk berdasarkan beberapa pertimbangan seperti tidak dekat toilet, dekat jendela atau dekat teman-teman sebenarnya tak salah. Namun, memilih tempat duduk di pesawat yang paling tenang dan bebas bising sehingga bisa tidur nyenyak atau sekadar menikmati perjalanan dengan tenang merupakan faktor utama.

Posisi Tempat Duduk Nyaman dan Tenang di Pesawat
Lalu sebaiknya dimana posisi duduk paling nyaman dan tenang di pesawat? Haruskah memilih tempat duduk dekat jendela atau di kursi paling belakang? Mengutip dari Stuff.co.nz, pilot JetBlue, Christian P. mengatakan bahwa tempat duduk di bagian depan adalah tempat yang terbaik jika ingin ketenangan dan kenyamanan.

Menurutnya tempat duduk di area depan sebelum sayap pesawat akan terasa sangat tenang. Sebab, tidak sedikit maskapai penerbangan yang meletakkan mesin pesawat di area dekat sayap.

"Duduk di area kabin depan seolah duduk membelakangi speaker, sehingga Anda tak akan terganggu suara berisiknya."

Beberapa ahli penerbangan lainnya juga mengungkapkan bahwa sebaiknya memilih tempat duduk di dekat lorong kabin.

"Hindari memilih area kursi dekat jendela. Kursi dekat jendela itu lebih berisik dibanding di dekat lorong, karena Anda semakin dekat dengan permukaan 'kulit' pesawat. Intensitas suaranya mesinnya pun juga akan semakin meningkat ketika Anda duduk dekat jendela," Dai Whittingham ketua UK Flight Safety Comittee kepada Mail Online.

Jika ingin ketenangan selama perjalanan, hindari memilih kursi yang ada di bagian depan atau belakang kabin. Ruangan dapur dan kamar kecil merupakan area yang sering dilewati oleh penumpang lain atau dengan kata lain punya tingkat kebisingan yang lebih tinggi.

Selain itu hindari juga tempat duduk yang terletak dengan dekat dengan deretan empat atau lima kursi. Biasanya baris ini menjadi pilihan penumpang yang membawa keluarga dengan anak kecil atau bayi.


Best View (Untuk Melihat Pemandangan)

Kebanyakan bagi yang baru pertama kali naik pesawat tempat duduk yang dipilih pasti dekat jendela, karena mereka sangat ingin melihat pemandangan luar pesawat, bagaimana sih rasanya melihat keindahan daratan dari atas (di dalam pesawat), bagaimana sih awan mendung itu, seberapa luas langit biru ini, dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang menyebabkan seseorang lebih memilih tempat duduk dekat jendela pesawat.

Lalu bagaimana agar kita tetap bisa melihat pemandangan luar pesawat (duduk dekat jendela) namun tetap bisa mendapatkan ketenangan / kenyamanan selama perjalanan? Saran dari saya pilihlah tempat duduk dekat jendela yang ada di barisan (deretan) depan sama seperti penjelasan sebelumnya. Maka perjalanan kita akan tetap bisa nyaman dan tenang karena tingkat kebisingan yang rendah dan masih bisa menikmati indahnya pemandangan dari dalam pesawat.


Ruang Lebih Untuk Kaki atau Tangan

Bagi yang ingin ruang lebih (ekstra) untuk mengistirahatkan kaki (selonjoran), pilihlah tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar. Kursi yang ada di area ini biasanya punya ruang lebih dibandingkan kursi di tempat lain. Lutut Anda dijamin tidak akan terbentur oleh kursi penumpang lainnya. Bisa juga memilih tempat duduk dekat pintu darurat, biasanya berada di urutan / barisan ke 12 atau 14.

Tempat Duduk Dekat Pintu Darurat
Selain bisa membuat kaki nyaman, kursi dengan ruang yang lebih besar seperti ini juga pas bagi kita yang ingin menggunakan peralatan elektronik lain, seperti laptop, tablet dan sejenisnya selama dalam perjalanan di udara.

Agar kaki bisa selonjoran dan siku kita tidak terbentur siku orang lain, maka pilihlah kursi / tempat duduk dekat pintu keluar dan lorong (Aisle). Selain dapat ruang lebih untuk kaki dan siku, memilih tempat duduk dekat lorong akan lebih menguntungkan kita ketika ingin keluar mau itu untuk pergi ke toilet, turun pesawat atau lainnya.

Tapi terkadang, kita terpaksa pasrah dan tidak bisa berbuat banyak untuk memilih tempat duduk sesuai keinginan. Padahal, ada beberapa posisi kursi di pesawat yang paling nyaman dan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Kenapa bisa seperti itu? Karena tidak semua maskapai memberikan layanan bagi penumpangnya untuk memilih sendiri tempat duduk sesuai keinginan mereka, contohnya seperti Citilink (salah satu Maskapai di Indonesia). Maskapai ini tidak menyediakan fasilitas dimana penumpang bisa memilih tempat duduk di pesawat sesuai keinginan mereka secara online, tapi bagi yang ingin tetap memilih kursi atau tempat duduk berdasarkan keinginan kalian bisa dicoba minta secara langsung kepada petugas ketika melakukan Check-In di bandara.

Semoga tips untuk memilih kursi atau tempat duduk yang nyaman dan tenang di pesawat ini bisa bermanfaat bagi kalian, dan jangan sungkan bagi kalian jika ingin menyebarkan informasi ini melalui sosial media atau lainnya.

You Might Also Like

0 komentar: