Mercon Bumbung Dulu dan Sekarang

00:12:00 Ar Ra 2 Comments

Ramadhan telah tiba!!! Kerinduan kita akan bulan ini akan segala keistimewaannya terobati sudah. Riuh Ramadhan kembali terdengar, tontonan Kembang Api, suara Petasan dan "Mercon Bumbung" menjadi salah satu ciri khas dan tradisi di Bulan Ramadhan selain ramainya rombongan warga dan anak-anak kecil dengan semangat menjadi "Alarm Sahur".

Dilihat dari sejarah tentang petasan atau mercon, ini sebenarnya adalah tradisi dari Tiongkok. Di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa ada sejenis petasan berupa Mercon Bumbung yang mana saat ini sudah jarang terlihat dan didengar suara gemelegarnya, walaupun bukan berarti mercon bumbung tidak mempunyai bahaya bagi yang memainkannya.

Mercon Bumbung terbuat dari batang bambu, meriam bambu atau "mercon bumbung" biasa dimainkan oleh banyak kalangan dari anak-anak sampai yang dewasa untuk mengisi waktu luang menjelang saat berbuka puasa, dan biasanya berlanjut lagi setelah Sholat Tarawih. Cara memainkan Mercon Bumbung ini serta cara kerjanya sama seperti meriam asli. Yang membedakannya hanya pada bahan baku dan bahan bakar yang dipakai untuk menghasilkan tembakan atau ledakan mercon. Meriam asli menggunakan bubuk mesiu dan bahan peledak sejenis, sedangkan mercon bumbung memakai minyak tanah.

Permainan Mercon Bumbung

Dari gambar diatas bisa dilihat perbedaan mencolok antara jenis Mercon Bumbung yang dimainkan. Memang benar ada beberapa macam Mercon Bumbung, menurut pengalaman saya sendiri dari kecil hingga sekarang sudah menemui dan mencoba tiga jenis / macam Mercon Bumbung yang diantaranya adalah :
  1. Mercon Bumbung Bambu
  2. Mercon Bumbung Botol Air Mineral 1500 ml
  3. Mercon Bumbung Kaleng / Pipa Paralon
Disini saya akan coba bahas satu persatu dari ketiga jenis mercon bumbung tersebut.


Mercon Bumbung BAMBU
Jenis mercon bumbung bambu ini bisa dibilang adalah pelopor, awal mula atau mercon bumbung yang pertama kali ada. Terbuat dari batang bambu berukuran cukup besar yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar untuk memainkannya. Cara membuatnya cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan beberapa hal diantaranya seperti :
  1. Batang Bambu
    Sebisa mungkin cari yang tidak terlalu tua sehingga masih kuat dan tebal.
  2. Minyak Tanah
  3. Batang Kayu
    Ini sebagai penyulut mercon, gunanya hampir sama seperti penyulut meriam.
  4. Tenaga Kita :)
    Dengan tenaga dan kondisi tubuh yang prima, akan sangat membantu kita untuk meniup bambu agar bersih dari asap ledakan yang ditimbulkan ketika memainkan mercon bumbung bambu.
Cara memainkannya juga sangatlah mudah :
  1. Masukkan minyak tanah secukupnya ke dalam bambu melalui lubang kecil di bagian penyulut.
  2. Goyang-goyang bambu dan diamkan sejenak.
  3. Sulut batang kayu dengan api.
  4. Siap lakukan tembakan mercon.
  5. Bersihkan asap ledakan mercon yang ada di dalam bambu dengan meniup dari lubang kecil tadi.
Ketika memainkan mercon bumbung bambu kita harus berhati-hati ketika melakukan langkah kelima, karena disini kadang terjadi hal yang cukup berbahaya yaitu terbakarnya alis mata atau bulu mata kita.



Mercon Bumbung BOTOL AIR MINERAL
Jenis mercon bumbung yang kedua adalah dibuat dengan botol aqua atau air mineral lainnya yang berukuran 1500 ml, desain bentuknya hampir sama dengan jenis mercon bumbung bambu diatas, yang mana mempunyai lubang kecil di bagian pangkal botol sebagai lubang penyulut.
Sumber Gambar : sepuluh8smada.blogspot.co.id
Bahan bakar yang dipakai bukan minyak tanah, melainkan "karbit". Tidak tahu tentang karbit? Bisa kalian googling sendiri. Cara memainkannya hampir sama dengan mercon bumbung bambu, hanya saja pada langkah pertama diganti dengan memasukkan air dan karbit dengan kondisi semua lubang di botol tertutup.

Lubang depan botol tutup pakai penutup botol bawaannya saja, dan untuk lubang kecil di pangkan botol bisa ditutup dengan kain. Setelah itu goyang-goyang, kemudian buka lubang kecil yang tertutup kain, dan bisa langsung tembakkan merconnya.


Mercon Bumbung KALENG dan PIPA PARALON
Jenis mercon bumbung terakhir yang terbuat dari gabungan beberapa bahan diantaranya adalah pematik korek api elektrik, potongan atas botol air mineral, susunan kaleng dan pipa paralon. Jenis mercon yang satu ini cukup modern dan lebih mudah dari sisi memainkannya.

Yang dibutuhkan untuk membuat mercon bumbung pipa paralon dan kaleng ini adalah :
  1. Pematik korek api elektrik
  2. Kaleng susu bekas 3 - 4 buah
  3. Pipa paralon sekitar 30 - 50 cm
  4. Botol air mineral
  5. Lakban yang cukup kuat + Double Tip (Selotip)
  6. Botol bekas semprotan untuk tempat menyimpan Spirtus
  7. Spirtus sebagai bahan bakar
Kurang lebih gambar desain mercon bumbung spirtus adalah seperti gambar di bawah ini.

Semua bahan disusun kemudian dipersatukan memakai lakban + selotip (double tip) atau mungkin bisa ditambahkan lainnya agar tidak ada rongga udara dan yang pasti susunan ini kuat dan kokoh. Karen ini akan dipakai untuk membuat ledakan yang dahsyat. Untuk cara memainkannya sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah dibandingkan dua jenis mercon bumbung sebelumnya.
  1. Buka tutup botol air mineral yang sudah dipasang pematik.
  2. Semprotkan beberapa kali (minimal 5 kali) spirtus.
  3. Tutup kembali botol air mineral.
  4. Diamkan beberapa detik, kemudian mercon siap ditembakkan / dinyalakan dengan menekan pematik yang ada pada tutup botol.
  5. Bersihkan asap yang ada di dalam rongga tabung mercon. 
Berikut ini beberapa dokumentasi dari anak-anak desa gembongan yang sedang asyik memainkan mercon bumbung spirtus ini.






"Ingat, tetap HARUS HATI-HATI ketik bermain mercon"

You Might Also Like

2 comments:

  1. Replies
    1. dulu sy lebih sering pake yang bambu + botol plastik :D

      Delete