Pantai di Banggai Kepulauan, Pesona Wisata di Timur Indonesia

23:34:00 Ar Ra 1 Comments

Pesona wisata Banggai Kepulauan yang dianugerahi beragam kekayaan alam melimpah ruah nan menawan dan memanjakan mata serta hati kita, sehingga dengan sangat mudah membuat kita seketika mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.




Uniknya satwa mengundang pecinta fauna, kebudayaan dan beberapa peninggalan bersejarah menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Bentang alam nan luas berupa garis pantai nampak semakin elok oleh pasir putihnya, pepohonan yang tumbuh dan berjajar rapi memberikan suasana segar, panorama bawah lautnya yang memikat, gunung dan bukit melengkapi indahnya panorama di Banggai Kepulauan mampu memacu decak kagum bagi siapa saja yang berkunjung.


Pantai Bakalan
Bakalan sebenarnya merupakan satu pulau bagian dan sebuah desa, suatu wilayah yang berada diwilayah kabupaten Banggai Kepulauan Kecamatan Tinangkung, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pantai Bakalan masih sangat jarang terjamah, sehingga masih terlihat sangat alami dan bersih, semakin nampak indah karena sepanjang garis pantai ditutupi oleh pasirnya yang putih, banyak wisatawan yang mengaku jika Pantai Bakalan jauh lebih indah dibandingkan Pantai di Bali Selatan.

Untuk sampai di Pulau Bakalan kita harus menelusuri perjalanan yang cukup jauh dari kota Luwuk, diperlukan naik kapal besar untuk sampai di Pulau Pelling yang berada di Salakan memakan waktu kurang lebih 6 jam. Lalu perjalanan diteruskan dengan menggunakan "Katinting" (sebuah kapal kecil seprti perahu), sekitar satu jam lebih.

Sumber foto : bakalanraya.blogspot.com




Pantai Teduang
Pantai Teduang ini memiliki arus laut yang tenang bagai danau karena berada didalam area teluk. Air lautnya sangat bening dan jernih, dan ada satu hal sangat menarik disini adalah kreativitas pengelola Pantai Teduang dimana di atas pasir yang berada dibawah air di pantai tersebut disusun bebatuan yang membentuk beberapa simbol seperti yang bisa dilihat pada gambar disamping ini. Ada yang berbentuk seperti bunga dan ada yang berbentuk seperti gambar simbol cinta.

Disini juga bisa bermain kano sambil menikmati indahnya suasana lengkap dengan pemandangan bawah air yang menyegarkan juga mengagumkan, sungguh indah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ini.

Pantai ini terletak tidak begitu jauh dari Salakan, dan merupakan destinasi wisata unggulan di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Saya sendiri berharap suatu saat berkesempatan untuk berkunjung ke kedua pantai ini, terutama ke Pantai Teduang.

Sumber foro : supertama.com & pixoto.com 

You Might Also Like

1 comment:

  1. hai mb,
    pernah denger mata air luk panenteng?
    boleh minta cp orang disana?

    ReplyDelete