Dapatkan Pagi yang Optimal dengan Cara Ini

22:25:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Malas bangun pagi dan merasa bosan dengan rutinitas harian dan tumpukan pekerjaan yang tak kunjung usai, lebih lagi jika harus melahap suasana sekitar yang penat ditambah dengan kemacetan lalu lintas yang ketat, saya yakin masing-masing orang pernah dilanda perasaan tersebut atau sejenisnya.

Ilustrasi pagi yang ceria dari dream.co.id
Kondisi di pagi hari sangatlah penting karena akan sangat berpengaruh bagi aktifitas kita selama satu hari penuh. Dengan mengawali hari penuh semangat dan mood bagus, sangat besar kemungkinan kita bisa mendapatkan kepuasan tersendiri setelah melewati hari dengan berbagai tugas dan rutinitas lainnya, dan setiap pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih lancar dan tidak membosankan. Sebaliknya jika kita awali hari dengan kondisi di pagi hari yang kurang bagus, mood jelek, pikiran kacau dan lain sebagainya juga akan mengganggu pekerjaan kita selama satu hari penuh. Maka dari itu perlu kita ketahui bahwa dengan melakukan kegiatan yang menenangkan beberapa saat (kurang lebih 5 menit) selepas bangun tidur, bisa membantu mengubah suasana pagi kita menjadi lebih menyegarkan dan menumbuhkan rasa semangat untuk berkarya.

Menurut Nela Canovic, seorang motivator sekaligus penulis buku Self Help, "Melakukan hal-hal kecil selama lima menit, bisa menjadi kebiasaan baik yang membuat seseorang jadi lebih produktif". Cukup dengan melatih diri sendiri untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kurun waktu tersebut setiap harinya seusai bangun tidur.


"Tanpa sadar, Anda akan terbiasa dan pagi yang biasanya kacau dan stres, akan teratur dengan sendirinya," papar Canovic. Disarankannya untuk melakukan beberapa kegiatan kecil sederhana demi pagi yang optimal dan bersemangat adalah sebagai berikut :

Meditasi

Setelah bangun tidur, jangan langsung bergegas mandi dan bersiap ke kantor. Sebaliknya, duduklah sejenak kurang lebih selama lima menit di sisi tempat tidur, lalu mulai bernapas secara teratur.

"Dalam setiap tarikan napas, ada oksigen yang masuk dan perlahan membangunkan otak. Di sisi lain, itu juga akan membuat Anda tenang," kata Canovic.

Merapikan Tempat Tidur

Setelah melakukan meditasi sejenak, lanjutkan dengan merapikan tempat tidur kita. Memang terdengar sepele, namun dari hasil penelitian menyebutkan bahwa mereka yang membersihkan tempat tidur memiliki pagi berjalan yang lebih baik, dibandingkan dengan orang yang tempat tidurnya dibiarkan berantakan.
Sebenarnya dengan merapikan tempat tidur sendiri seusai bangun tidur kita juga sudah seperti melaksanakan olahraga ringan.

Olahraga Ringan

Olahraga tidak selalu harus dilakukan di Gym atau Sasana dengan ditemani pelatih. Merapikan tempat tidur, naik-turun tangga, berjalan-jalan di sekitar rumah, ataupun stretching sendiri di rumah selama beberapa saat, bisa membuat tubuh kita lebih siap menghadapi aktivitas seharian.

Daftar Prioritas

Ritual lima menit lainnya yang kemudian bisa dilakukan adalah dengan mendaftar prioritas pekerjaan harian. Kerjakan hal yang harus didahulukan dan simpan tugas atau tanggungjawab yang bisa ditunda belakangan. Dengan demikian, jadwal harian akan lebih tertata rapi dan memungkinkan kita untuk mencapai lebih banyak target, hal ini sama seperti pepatah "Monotasking lebih baik dibandingkan Multitasking".

Berpikir Positif

Memulai hari dengan sesuatu yang positif akan membuat hari terasa lebih semangat dan menyenangkan. Simple saja mari kita coba mulai dengan berpikir positif, mencoba ambil hikmah dari suatu peristiwa, untuk menambah semangat dan memperbaik "mood" kita bisa lakukan hal-hal positif seperti membaca kitab suci sesuai iman kita atau kegiatan ibadah lainnya, mendengarkan musik favorit, mencari kalimat penyemangat di internet dan menyimpannya di ponsel sebagai mood booster di pagi hari, atau menulis dalam note kecil dan menempelkan di cermin, lemari baju ataupun tempat-tempat yang sering kita lihat.

Dengan berusaha menerapkan kebiasaan positif seperti hal-hal tersebut diatas akan membantu kita mendapatkan pagi yang lebih berkualitas dan kita akan lebih siap mengarungi hari tanpa stres atau pikiran yang kacau. Oke, semoga artikel mengenai kegiatan simple untuk pagi yang optimal ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

You Might Also Like

0 komentar: