Status Hubungan Mangga Muda dan Kehamilan

09:11:00 It's Leblung 0 Comments

“Manisan mangga enak kali ya gini ini..”
“Hamil lu ya? Mas Bos, ada yang hamiiiil..”

Pasti bukan hanya saya yang pernah mengalami judgement itu hanya karena nyeletuk pingin manisan mangga muda. Hhi. Ya kan? Ya dooong? Apalagi kaum hawa yang tergolong newlywed atau pengantin baru (lagi-lagi seperti saya). Ngerumpiin mangga muda udah pasti langsung disangka lagi ngidam. Hha. 


Emang ada hubungannya ya mangga muda sama kehamilan? Trus kenapa kok mayoritas ibu hamil emang kepingin makan mangga muda? Kenapa nggak mangga mateng aja? Kenapa nggak kepingin anggur aja? Kenapa nggak apel, stroberi, melon, atau semangka aja? Ada apa sih antara mangga muda dan kehamilan?

Pada masa awal kehamilan, janin memproduksi hormon chorionic gonadotropin (HCG). Hormon ini mencegah corpus luteum*mengalami perpecahan. Corpus luteum ini selanjutnya akan memproduksi hormone progesterone yang berfungsi untuk membentuk lapisan dinding rahim agar kuat menyangga plasenta. Peningkatan jumlah hormone progesterone di awal kehamilan inilah yang mengakibatkan kerja usus menjadi lambat dan dinding lambung mengendur.


Efek dari proses pencernaan yang melambat adalah meningkatnya asam lambung. Oleh karena itu, pada masa awal kehamilan, sang ibu seringkali merasa mual dan ingin muntah. Nah, mangga muda yang meskipun memiliki rasa asam, ternyata dapat menurunkan asam lambung. Jadi ketika ada ibu hamil setelah makan mangga muda merasa bahagia dan tubuhnya terasa lebih nyaman, itu bukan sulap apalagi sihir ya. 


Lha trus, kok bisa secara otomatis ingin mangga muda di awal kehamilan? 

source : www.centroone.com

Seorang teman lama yang menekuni bidang biologi pernah menceritakan bahwa ngidam dipengaruhi oleh sugesti di alam bawah sadar kita. Seringkali kita berpikir kalo hamil tuh pasti ngidam, pingin yang aneh-aneh, yang jarang ada, dan pasti suami nurutin. Maka jadilah sugesti itu menjadikan kita minta ini itu dan salah satunya pingin mangga muda karena sudah kepercayaan umum bahwa jika hamil pasti menginginkan mangga muda.  

^.^ 

Nah, membiacarakan mangga muda, coba tengok resep manisan mangga di sini. Manis, asem, pedes, nano-nano yang membahagiakan.

You Might Also Like

0 komentar: