Perisitiwa Langka! Munculnya Strawberry Moon Bareng Summer Solstice

11:26:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Strawberry Moon ft. Summer Solstice - Musim panas datang, masa ini sudah ditunggu oleh banyak orang terutama bagi penduduk barat seperti Eropa, Amerika dan lainnya. Semua menyambut dengan gembira "Akhirnya musim panas datang! Yeay!". Mulainya musim panas tahun 2016 ini terjadi tepat ketika Bulan Purnama pada hari Senin malam (20/6) kemarin. Peristiwa seperti ini merupakan kejadian sangat langka, perisitiwa langka ketika Musim Panas dimulai yang bertepatan dengan Bulan Purnama di malam harinya seperti ini terakhir terjadi pada setengah abad yang lalu tepatnya pada 22 Juni 1967 lalu. Dan menurut AccuWeather.com diperkirakan baru akan terjadi lagi 46 tahun lagi setelahnya, yaitu pada tahun 2062.


The Summer Solstice (waktu dimulainya Musim Panas), pada hari itu adalah hari terlama sepanjang tahun 2016, ditambah dengan adanya peristiwa langka yang terlihat di langit malam itu. Mengapa peristiwa ini begitu istimewa? Pada hari itu adalah pertama kalinya sejak tahun 1967 dimana Bulan Purnama muncul pada Titik Balik Matahari Musim Panas (Summer Solstice) di Zona Waktu Tengah (EDT). Yang mana bulan akan terlihat sangat jelas, lebih besar (seperti Fenomena Blue Moon) dan begitu menakjubkan dibanding biasanya. Semua orang menyebutnya dengan nama "Strawberry Moon", yang menurut suku Algongquin menganggapnya sebagai pertanda yang tepat untuk memanen Buah Strawberry. Di Eropa sendiri bulan ini disebut sebagai "Full Rose Moon" dan juga "Hot Moon".

Berikut ini adalah daftar nama-nama "Full Moon" di berbagai bulan dalam satu tahun.


Lalu, mana sih penampakan Strawberry Moon yang daritadi heboh dibahas? Sabar ... lihat dibawah ini, sudah saya kumpulkan dari berbagai sumber foto-foto Strawberry Moon.

Strawberry Moon di Somerset, Inggris

Foto dari Bill Clark/CQ Roll Call diambil di Monumen Washington

Foto dari Neeti Kumthekar, posisi bulan tepat diatas Patung Liberty

Penampakan dari Alaska, foto dapet dari IG @film4you

Penampakan Strawberry Moon di Jepang, seperti yang terlihat di Indonesia kemarin.
Foto dari IG @yuyuyuka.k

Detik-Detik Summer Solstice & Strawberry Moon
di England's Stonehenge


You Might Also Like

0 komentar: