Mengenal Game Pokemon Go!

20:54:00 It's Leblung 0 Comments

Mendengar kata Pokemon, apa sih yang muncul di benak kalian?

Saya yakin banyak di antara kalian yang langsung ingat dengan monster imut berwarna kuning yang menggemaskan. Yapp. Ikon dari Pokemon ini adalah monster bernama Pikachu. Lalu sebenarnya apa sih Pokemon? Pokemon merupakan singkatan dari bahasa Jepang yaitu Poketto Monsutta atau yang dalam bahasa Inggris disebut Pocket Monster (Monster Saku). Pokemon ini terdiri atas 721 spesies fiksi yang muncul secara acak di seluruh serial Pokemon. 

www.zyari.devianart.com

Pokemon sendiri merupakan sebuah waralaba media yang dimiliki oleh perusahaan video game, Nintendo. Pokemon ini diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Pada awal mulanya, Pokemon merupakan serial permainan video game yang identik dengan game konsol. Pokemon ini merupakan game konsol tersukses kedua setelah Mario Bros yang juga diproduksi oleh Nintendo.

Nah, selain permainan video game, Pokemon juga hadir dalam berbagai bentuk seperti manga, anime, trading card, mainan, maupun buku. Di Indonesia sendiri, Pokemon mulai terkenal sejak serial manga-nya ditayangkan oleh SCTV di tahun 2001. Tidak lama kemudian, hak siar Pokemon diambil alih oleh channel ikan terbang alias Indosiar. Manga Pokemon bercerita tentang Satoshi atau Ash Ketchum dalam serial Inggris yang berjuang untuk menjadi Pokemon Master. Tidak sendiri, Satoshi berjuang ditemani oleh Pikachu, Pokemon pertama yang ia pilih dan ia jadikan sebagai Team Partner.

Pokemon Menguasai Dunia (Lagi)

Nah. Akhir-akhir ini nama Pokemon kembali booming setelah Pokemon Company, Niantic, dan Nintendo berhasil mengenalkan game terbaru mereka yang berjudul "Pokemon Go". Ide awal game ini sebenarnya telah dicetuskan oleh Satoru Iwata dari Nintendo dan Tatsuo Nomura dari Google Maps pada tahun 2013. Namun ide tersebut baru dapat diwujudkan tahun ini dan di rilis secara resmi pada 5 Juli 2016 di 3 negara yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.

Game ini tidak memerlukan waktu lama untuk booming dan menguasai pasar.  Seperti yang dilansir oleh Similiar Web, 2 hari setelah game ini dirilis, 5,16% dari seluruh perangkat android di United Stated atau Amerika Serikat telah mendownload game ini. Bukti lain yang memperlihatkan bahwa game ini laku keras adalah traffic di apkmirror.com, pada 5 Juli 2016, tercatat 600.000 orang mengunjungi situs ini untuk mendownload aplikasi games tersebut. Dan jumlalnya membludak menjadi 4.000.000 visitor pada tanggal 6 Juli 2016. Sebuah Jumlah yang fantastis bukan?

Game ini mendadak heboh dan menggemparkan dunia karena tidak hanya menggunakan tokoh yang telah familiar sejak lama, namun juga karena pilihannya untuk menggunakan teknologi augmented reality. Teknologi yang biasa disingkat AR ini memang belum banyak digunakan. Sehingga banyak orang yang kepo alias ingin tahu lebih lanjut mengenai AR.

Apa itu augmented reality?

AR atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Realitas tertambah adalah sebuah teknologi untuk menghadirkan benda dua maupun tiga dimensi dalam lingkungan nyata dengan menggunakan waktu nyata. Mudahnya adalah teknologi ini menghadirkan tokoh fiksi di dunia nyata. Jadi dengan bantuan suatu alat, kita bisa melihat tokoh fiksi di lingkungan kita. Seperti tiba-tiba bisa lihat hantu pake kaca pembesar gitu loh. ^.^

Nah, dengan menggunakan teknologi AR, game Pokemon Go terasa semakin nyata bagi pemainnya. Pokemon Go menggunakan layanan lokasi dan kamera ponsel sehingga gamer seakan bisa menangkap Pokemon di dunia nyata. Jadi saat pemainnya berjalan, avatar pada game juga ikut berjalan. Game yang dapat didownload secara gratis ini memberi kesempatan pemain untuk menangkap, melatih, dan mempertandingkan Pokemonnya.

sumber : www.macrumors.com










Saat ada ponsel mendeteksi keberadaan Pokemon di sekitar pemain, ponsel akan bergetar dan Pokemon muncul di peta. Jika layar ponsel disentuh, aplikasi akan berubah ke mode kamera, dan karakter Pokemon tiba-tiba muncul di depanmu. Namun untuk menangkap Pokemon ini dibutuhkan semacam bola yang disebut Pokeballs. Pokeballs ini bisa didapatkan dari check in di Pokestops atau membelinya menggunakan koin.

www.bgr.com

Jadi ini pada dasarnya game ini seperti game mencari badge pramuka yang disembunyikan di berbagai tempat oleh sang Kakak Pembina. Bisa di atas pohon, di bawah kolong meja, atau bahkan di samping batu nisan. Hanya saja yang ini badge-nya berbentuk monster-monster imut dan mencarinya harus dengan bantuan ponsel. Hhi.

sumber : 9to5mac.com

So, kamu tertarik untuk mencari Pokemonmu? Kalau iya, segera download aplikasinya ya. Namun perlu diketahui karena di Indonesia belum ada rilis resmi, maka beberapa fitur di aplikasi tersebut belum dapat kamu gunakan. Pihak Nintendo dan Niantic mengatakan bahwa mereka masih melakukan penyempurnaan beberapa aspek sebelum game ini dirilis secara luas di berbagai negara.

* Game konsol adalah game yang dimainkan pada mesin khusus yang memang dirancang untuk memainkan game seperti PlayStation atau Gameboy, jadi bukan game yang bisa dimainkan di komputer atau laptop (komputer dan laptop kan memiliki berbagai fungsi tidak hanya untuk bermain game)

You Might Also Like

0 komentar: