10+ Fakta Mengejutkan Tentang Tubuh Manusia

02:08:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Seringkali kita beranggapan bahwa sudah tahu seluk beluk dan memahami semua hal pada tubuh kita sendiri. Tahu bagaimana cara kerja masing-masing bagian tubuh ini, jenis perubahan seperti apa yang dihasilkan serta proses yang terjadi di dalamnya setiap saat. Pada kenyataannya, tubuh manusia adalah sebuah rangkain yang sangat kompleks dan memiliki mekanisme yang misterius, terkadang jika dipikirkan akan sangat membingungkan bahkan bagi kalangan spesialis, dokter ataupun ilmuwan sendiri.


Berdasarkan berbagai sumber yang leblung dapatkan, kami coba membeberkan / berbagi hasil temuan kami pada kalian tentang berbagai fakta mengejutkan tentang tubuh manusia yang belum kita ketahui sebelumnya. Siap-siap untuk terkejut dan takjub, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan kepada kita.


  1. Jumlah bakteria yang ada di dalam mulut kita hampir sama banyaknya dengan jumlah orang yang hidup di bumi ini, bahkan mungkin lebih dari itu. (Sumber : harvard.edu).
  2. Satu helai rambut kita mampu menahan beban dari sebuah apel yang digantungkan, namun belum dimensi dari buah apel tersebut belum disebutkan. (Sumber : theguardian).
  3. Selain sidik jari dan retina mata, bentuk serta guratan pada lidah setiap orang juga berbeda-beda. (Sumber : springer).
  4. Kita memproduksi Saliva (kelenjar ludah atau kelenjar air liur) kurang lebih 600 mililiter setiap hari. (Sumber : howstuffworks).
  5. Kecepatan impuls otak manusia adalah sekitar 400 Km/h. (Sumber : scienceline).
  6. Golongan darah hanya ada 4? SALAH!! Faktanya bahwa golongan darah manusia ada 29 jenis. Golongan darah yang paling langka dimiliki adalah Tipe Bombay, tipe golongan darah ini dimiliki oleh sekelompok kecil keluarga di Jepang. (Sumber : NCBI).
  7. Dalam satu hari, darah kita 'bepergian' sejauh kurang lebih 19 Kilometer jauhnya. (Sumber : howstuffworks).
  8. Total panjang saraf di dalam tubuh manusia adalah 75 Kilometer. (Sumber : washington).
  9. Seorang manusia bernafas kurang lebih sebanyak 20.000 (dua puluh ribu) setiap harinya. (Sumber : epa.gov).
  10. Mata manusia mampu membedakan warna mencapai 10 juta warna, hanya saja otak manusia tidak mampu mengingat semua warna tersebut. (Sumber : color-theory-phenomena).
  11. Tahukah kalian bahwa telinga kita akan terus tumbuh sepanjang hidup kita dengan kecepatan hampir tidak bisa dipercaya, berapakah kecepatan tumbuhnya? Hanya seperempat milimeter per tahun. (Sumber : NCBI).
  12. Jantung kita berdetak sebanyak 35 juta kali per tahun. (Sumber : rodgershealth).
  13. Manusia kehilangan jutaan sel kulit setiap harinya. (Sumber : health).
  14. Dalam 1cm2 dari kulit kita memiliki ratusan sensor rasa sakit. (Sumber : hometrainingtools).
  15. Permukaan lidah laki-laki memiliki lebih sedikit sensor rasa dibandingkan permukaan lidah perempuan. (Sumber : sciencedaily).
  16. Setiap orang rata-rata mengkonsumsi makanan sebanyak 35 ton semasa hidupnya. (Sumber : Teaching Ideas and Classroom Activities for Health Care).
  17. Seorang manusia rata-rata menghabiskan sekitar lima tahun hidupnya untuk berkedip. Namun untungnya, kita sebagai manusia mampu melakukan banyak hal lain secara bersamaan. (Sumber : makewav).
  18. Kurang lebih sebanyak 100.000 reksi kimia terjadi di dalam otak kita per detik! (Sumber : The Hidden Spirituallity of Men).
  19. Kecepatan bersin seseorang adalah 160 Km/h. (Sumber : scienceline).
  20. Dengan tersenyum otomatis akan merangsan 17 otot wajah kita, namun ketika menangis otot wajah yang dirangsang adalah 43. (Sumber : howstuffworks).

Gimana, dari sekian banyak fakta diatas mengenai fakta mengejutkan tentang tubuh manusia yang belum kita ketahui, adakah salah satu atau lebih dari poin diatas yang sudah kalian ketahui?
Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar: