Tanaman Obat dan Cara Mengolahnya PART 2

09:03:00 Rendra Kurniawan 1 Comments

Berikut ini lanjutan dari tulisan yang sebelumnya di PART 1 masih tentang obat-obatan alami.


Daun Salam
- Untuk mengobati penyakit diare
Cara pengolahannya adalah dengan cuci 15 lembar daun salam segar dalam 2 gelas air sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit. Tambahkan sedikit garam, setelah dingin saring dan air hasil saringan diminum sekaligus.

- Untuk mengobati kencing manis
Caranya cuci bersih 7 hingga 15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya untuk diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan secara rutin sehari 2x.

Daun Sirih
- Untuk membantu mengobati mimisan
Ambil 1 lembar daun sirih, kemudian gulung dan tekan hingga keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan atau megeluarkan darah.

- Untuk membantu meringankan bronkhitis 
Ambil beberapa lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang halus kemudian direbus bersama dengan gula batu tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air hasil saringan diminum 3x sehari masing-masing 3 sendok makan.

- Untuk mengobati keputihan
Ambil 7-10 lembar daun sirih kemudian rebus dengan air sebanyak 2,5 liter sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut bisa dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar organ intim secara berulang dan teratur.

Buah Belimbing
- Untuk mengobati jerawat
Ambil belimbing secukupnya, cuci kemudian ditumbuk halus lalu terakhir balurkan ke tempat jerawat terutama yang masih terasa sakit.

- Untuk mengobati panu pada kulit
Ambil 10 buah belimbing, dicuci lalu digiling atau ditumbuk hingga halus, tambahkan kapus sirih sebesar biji asam, kemudian diremas hingga rata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok kulit yang terserang panu. Lakukan secara rutin 2x sehari, sementara untuk pemakaian dalam seperti diminum, dibutuhkan cara khusus.

Semoga bermanfaat kawan-kawan.

You Might Also Like

1 comment: