AWAS, SALAH BRA = PETAKA!

19:13:00 It's Leblung 2 Comments

Pagi ini, matahari bersinar hangat. Saya dan seorang partner in crime yang sudah merencanakan JJS alias jalan-jalan seru semakin bersemangat. Segera mandi, sarapan, dan tak lupa dandan maksimal sambil sesekali cekakak-cekikik membahas hal-hal konyol di masa lalu.
Ya. Kali ini, saya menumpang di kos semi apartemennya yang nyaman. It’s time to go shopping! Awal bulan yang indah karena duit gaji masih utuh. Hhi. Kali ini kami bersiap untuk menuju salah satu mall di daerah Tangerang, jadwal shopping kali ini adalah membeli bustehouder. Apa itu? Darimana asalnya?

 

Bustehouder (BH) atau yang biasa disebut bra adalah sebuah pakaian yang berfungsi untuk menutupi dan menopang payudara agar bentuknya tetap indah dan tidak kendur. Menurut sejarah, bra telah digunakan oleh kaum wanita di Pulau Kreta (Yunani) sejak 2500 tahun sebelum masehi. Saat itu, para wanita Yunani menggunakannya di luar pakaian mereka dengan tujuan mengangkat payudara. Lalu pada 450 tahun sebelum masehi, kaum wanita bangsa Romawi menggunakan pakaian sejenis kemben atau korset untuk mengatur ukuran payudara mereka. Namun, modern bra yang bentuknya terus berkembang dan mengalami inovasi pertama kali dipatenkan oleh seorang sosialita dari New York bernama Mary Phelps Jacob yang saat itu masih berusia 19 tahun.

Suatu hari Mary akan pergi ke sebuah pesta, gaun yang telah ia persiapkan adalah sebuah gaun cantik yang terbuat dari bahan yang ringan dan tipis sehingga korset dari bahan tebal dan kaku yang biasa ia gunakan terasa tidak sesuai dan membuat gaunnya menjadi nampak aneh. Akhirnya, ia dan pembantunya membuat penutup payudara dari saputangan yang dijahit serta ditambah tali untuk pengikat. Saat datang ke pesta, teman-teman Mary berdecak kagum karena dampak dari penggunaan bra ala Mary tersebut adalah ia dapat berdansa dengan gemulai, padahal apabila menggunakan korset, ia akan susah untuk berdansa. Penemuan Mary tersebut segera menyebar ke seantero kota, sehingga ia kebanjiran order dan akhirnya dipatenkan pada tahun 1914 di Amerika Serikat. Thanks, Mary! ^.^


Kembali ke kota Tangerang. Setibanya di mall, kami segera menuju gerai bustehouder dan seperti kata orang, rejeki tak akan kemana. Diskon sedang membanjiri area mall tersebut. Yeay!
“Wah. Yang ini lucu ya. Jarang kan ada bra warna tosca. Aku mau yang ini.”
“Iya, lucu kok. Yang biru juga lucu. Tapi aku mau yang pink dengan renda warna ungu itu deh! Looks cute but a little sekseh.”
“Yang ini juga lucuu. Gambar panda nih. Satu set dengan celana dalamnya...”


EITS. Memilih bra bukan perkara warna dan motifnya yang lucu loh. Kesalahan memilih bra dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar dampak buruk yang timbul akibat penggunaan bra yang salah :

1.    Iritasi Kulit
Penggunaan bra yang terlalu ketat akan mengakibatkan gesekan pada kulit. Apalagi jika bra yang digunakan adalah bra dengan kawat di bagian bawah yang berfungsi untuk menopang payudara, gesekan bra dan kulit akan lebih parah. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi atau luka pada kulit.

2.    Payudara Menjadi Kendur
Payudara yang tidak ditopang dengan baik dapat berubah bentuk dan menjadi kendur atau kekencangannya berkurang. Hal ini mgeakibatkan payudara tidak lagi tampak indah.

3.    Sakit Kepala
Penggunaan bra dengan ukuran tidak tepat, akan menghasilkan belahan dada yang kurang pas. Hal ini dapat mengakibatkan leher dan otot punggung bagian atas harus bekerja lebih keras untuk mendukung berat payudara. Otot leher yang bekerja terlalu keras dapat menimbulkan sakit kepala yang dikenal dengan sakit kepala cervicogenic atau sakit kepala dari leher.

4.    Sakit Leher
Sakit leher ini dimungkinkan terjadi pada kaum wanita yang memiliki ukuran payudara besar. Payudara yang besar tentu menimbulkan ketegangan pada otot-otot leher. Jika tidak didukung dengan bra yang mampu menopang berat payudara, maka sakit leher bukan suatu hal yang mustahil untuk terjadi.

5.    Nyeri Punggung
Bra yang terlalu ketat dapat membatasi gerakan di punggung atas sehingga menyebabkan restrikasi atau pembatasan  ruang gerak dan kekakuan pada tulang belakang. Hal ini bertolak belakang dengan tulang belakang yang dirancang untuk bergerak, membungkuk, dan memutar. Oleh karena itu para ahli fisio dan osteopati, Tim Allardyce dari Surrey Physio seperti dilansir tempo.co.id percaya bahwa tali bra yang dipasang terlalu kuat atau kencang di sekitar ruas tulang belakang akan mengakibatkan sakit punggung dan berkembang menjadi nyeri punggung bila tidak segera ditangani.

6.    Sesak Napas
Kesalahan penggunaan bra, dalam hal ini terlalu ketat, memang tidak akan berdampak langsung pada sistem pernapasan. Jadi tenang, anda tidak dapat langsung terserang sesak napas akibat penggunaan bra yang terlalu ketat. Namun, akibatnya adalah menganggu mekanisme pernapasan dan membuat kita sulit bernapas secara teratur. Dampaknya, distribusi oksigen dan karbon dioksida menjadi terganggu sehingga kita harus menarik napas lebih dalam. Tarikan napas yang lebih dalam ini juga dapat mengakibatkan sakit leher.

7.    Rasa Sakit Akibat Goncangan
Saat kita bergerak, baik melakukan banyak atau sedikit gerakan, payudara akan bergerak 8 sentimeter. Jika gerakannya tidak mendukung, kita dapat merasakan sakit akibat goncangan atau gerakan tersebut. Seperti yang dilansir oleh tempo.co.id, sebuah bra olahraga yang dipasang dengan benar akan mengurangi gerakan yang tidak perlu hingga 83%, sehingga sakit akibat gerakan atau goncangan payudara dapat diminimalisir.

8.    Iritasi Usus Besar
Pernahkah Anda berpikir bahwa menggunakan bra yang salah mungkin menjadi penyebab gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus besar? Memakai bra yang salah memberi tekanan pada diafragma yang mengarah pada masalah pencernaan.

9.    Efek Negatif Pada Kelenjar Getah Bening
Cup-bra yang tidak pas atau terlalu kecil dapat menekan kelenjar getah bening dan menciptakan peradangan di dalam payudara.

Lalu bagaimana cara memilih bra yang baik dan benar? Tunggu postingan selanjutnya yaaa.. *winkwink

You Might Also Like

2 comments:

  1. wah, saya cowok nyasar kesini baca artikelnya =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... ya wajar toh bro. klo nyasar ke barang cowok, nah itu dia :D

      Delete