Yuk Bikin Camilan Cantik, Sehat, dan Mudah untuk Melengkapi Weekend yang Seru

20:23:00 It's Leblung 0 Comments

Pagi ini, saya bangun dengan hati gembira. Bukan karena mimpi bertemu Mas Pacar yang merangkap Suami (meski itu juga pasti membahagiakan). Bukan mimpi berlibur ke Raja Ampat. Bukan pula mimpi berlibur ke Derawan apalagi ke Paris. Bukan mimpi menang lotre. Bukan pula pas bangun tiba-tiba Mas Suami ada di depan mata (yang ini harapan. Maklumlah ya pejuang Long Distance Marriage, curhat tipis-tipis. Hhe). Trus kenapa dong, Blung? 

Tidak lain dan tidak bukan karena sewaktu matiin alarm dan berniat tidur lagi, saya berhasil mengintip layar hape saya. Di situ tertulis "04.30" pada baris pertama, sedangkan pada baris kedua tertulis "Thursday, 11 August". It means, INI HARI KAMIS, guys! H-1 weekend. H-1 ketemu suami. H-1 pacaran. H-1 makan ada temennya. H-1 ada yang dongengin sebelum tidur. H-1 ada yang dijahilin. Aiiiih. Pokoknya mah H-1 hari yang membahagiakan. Hhi. 

Bukan apa-apa sih, kali ini waktu terasa berjalan cepat, mungkin semi berlari. Gimana enggak, rasanya baru kemarin saya murung di dalam kamar kosan. Sendiri di malam minggu yang sunyi, sepi, dan hampa (Padahal anak ibu kos rame di teras rumah dan Mas Pacar nungguin via wasap, biar berasa melas aja sih. Hhi). Dan berakhir menghabiskan waktu untuk menonton drama Korea (Ini nih list drama Korea yang saya rekomendasikan). Eh, tau-tau udah hari Kamis aja. Hari dimana tingkat kebahagiaan para *Corporate Slave (**Mas Yuddy, pinjam istilahnya yaa) meningkat tajam.

Tahap kedua yang langsung dipikirkan adalah "Apa ya yang menemani Sabtu - Minggu nanti?" Beberapa ide seperti, Rujak Manis, Batagor Kuah, Cilok Khas Tasik, Tahu Bulat, Pempek Palembang, klepon Bu Sayur, dan bahkan Gorengan di Mamang deket jembatan penyebrangan langsung melintas di depan mata. Ya. Ntar gampanglah tinggal naik motor kurang dari lima menit udah dapet camilan. Tapi sejenak kemudian wajah Kakak Ipar saya tiba-tiba muncul, "Mbak Asih sempat kena kolesterol Dik. Kata dokter, kolesterol itu bukan karena pola makan sekarang. Tapi pola makan dulu-dulu pas Mbak Asih masih muda kayak sampean ini. Kan kos. Makan ya beli yang deket aja, nyemil-nyemil gorengan. Makanya dijaga ya maemnya." Jediaaaar. Bubar semua dah ide beli camilannya.

Trus gimana dong? Masa iya nyemil jeruk sama pisang doang? (Anggur merah dan kelengkeng masih mahal, euy!) Garing dong yaa..Radar Neptunus untuk cari variasi camilan di Mbah Google langsung bekerja. Keyword kali ini adalah "Camilan Sehat", "Healthy Snack", "Easy Snack to Make", "How to Cook Homemade Snack", "Camilan Buah", dan banyak keyword-keyword yang lain. Yang akhirnya mempertemukan saya dengan 3 camilan cantik, menarik, rupawan, dan menyehatkan ini. Apa aja sih?

1. Summer Fruit Springroll

Nah lho? Kan udah mulai musim hujan di Indonesia, Blung. Gak cocok dong. Ish. Ish. Lihat dulu nih tampilannya.
source : rawmanda.com
How? Saya sih langsung mupeng (Muka Pengen). Langsung tanpa babibu nyimpen resepnya. Yap.Yap. Camilan yang satu ini emang nampak cantik banget. Jadilah pasti nanti pas mau makan malah sayang untuk menggigitnya. Hhe. Summer Fruit Springroll ini sekilat nampak seperti dimsum dengan isian yang berbeda. Tidak salah kok anggapan itu. Karena bahan baku utama camilan ini memang Rice Paper Wrap atau kulit pangsit yang biasa digunakan untuk membuat dimsum.

Yang membedakan ini dengan dimsum adalah isiannya. Jika dimsum biasa diisi dengan aneka daging-dagingan, entah daging udang, daging kepiting, dagiang ayam, atau jamur. Maka Summer Fruit Springroll ini diutamakan atau disarankan untuk menggunakan buah sebagai isian. Tapi itu bukan hal yang mutlak kok. Beberapa vegetarian bahkan menggunakan nasi, sayur, dan beberapa jenis kacang-kacangan sebagai isian.
Selain itu, untuk membuat dimsum, kita harus mengukusnya terlebih dahulu sebelum makan. Sedangkan pada camilan ini hal tersebut tidak perlu dilakukan. Kali ini, saya akan menuliskan salah satu varian Summer Fruit Springroll yang dikenalkan oleh Gemma Stafford. 

source : http://www.biggerbolderbaking.com/fruit-spring-rolls/
Bahan yang dibutuhkan :
a. 8 buah Strawberry
b. 1/2 buah Melon yang berwarna oranye (Cantaloupe)
c. 1 buah Peach
d. 1 buah Mangga
e. 1 buah Apel
f. 1 buah lemon
g. Daun mint secukupnya
h. 8 lembar kulit pangsit

Untuk Saus :
a. 1/4 cup madu
b. Air perasan jeruk lemon
c. 3 sdm air
Cara membuatnya dapat dilihat pada video di bawah ini.


Sebagai catatan, isian dari Summer Fruit Springroll ini gak harus mirip njeduk sama resep di atas kok. Kamu bisa memvariasikan isinya sesuka hati. ^.^ Kan intinya cuma potong-potong, dan gulung dengan kulit pangsit, cocol sausnya, lalu habiskan hingga gigitan terakhir. 

source : http://www.biggerbolderbaking.com/fruit-spring-rolls/


2. Chocolate Cake in A Mug

Nah. Beberapa dari kamu pasti langsung ciut membaca kata "Cake" di nama camilan kedua ini. Hhe. Saya juga kok awalnya. Semacam udah hopeless aja. "Pasti riber pake mixer-mixer segala", "Aduh, bahannya pasti macem-macem ini," "Susah ahh. Bikin cake tuh rawan gagal. Kuenya kalo gak jadi terlalu keras ya terlalu lembek," dan seribu negative thinking lainnya. Ya kan?

source : www.telegraph.co.uk
Tenang. Simpan semua negative thinking itu. Kue yang satu ini mudah, tanpa mixer, dan bahannya gak belibet kok. Dan rasanya dijamin bikin nagih.

Bahan yang dibutuhkan :
a. 4 sdm Tepung Terigu
b. 2 sdm Gula
c. 2 sdm Coklat Bubuk
d. 1 butir Telur
e. 3 sdm Susu Bubuk
f. 3 sdm mentega yang telah dilelehkan atau bisa diganti dengan minyak goreng
g. 1/4 sdt ektrak vanilla
h. 1 sdm Chocochip

Cara membuatnya sesuai dengan diagram di bawah ini.
source : https://www.buzzfeed.com/emilycarlo/dessert-lovers-need-to-see-this?utm_term=.nwYBp1R2j#.crlxKM4ZN
Mudah dan anti-gagal bukan? Jika kamu anak kos macam saya, proses oven bisa diganti dengan dikukus kok. Dan gak usah khawatir kalo gak punya dandang atau rebusan. Cukup maksimalkan fungsi magic jar. Saya pernah mencoba dan berhasil. Selain itu, agar lebih nikmat, tambahkan 1 scoop es krim di atasnya. Yummy!

3. Ayam Pok-Pok Super Crunchy

Nah. Yang ini adalah favorit saya kalo ngemall. Ayam crispy dengan taburan bubuk cabi. Bikin sendiri yuk di rumah. Biar bisa dicemal-cemil sambil nonton tipi. Resep ayam ini saya temukan di blog tetangga.
source : http://pawonomah.blogspot.co.id/2015/02/xxl-crispy-chicken-ala-shihlin.html
Bahan yang dibutuhkan :
a. 1 buah dada ayam utuh, pisahkan tulang & dagingnya
b. Garam & lada secukupnya

Bahan Pelapis :
1) Pelapis A :
a. 2   butir  putih telur kocok lepas
b. Garam secukupnya

2) Pelapis B :
a. 150  grm  terigu serbaguna
b. 1/2   sdm  tepung sagu tani/tapioka
c. 1/4   sdt    garam
d. 1/2  sdt     kaldu ayam bubuk
e. 1/2   sdt    lada bubuk
f. 1/4   sdt    soda kue

3) Pelapis C :
a. 200  grm  tepung pangko/bread crumb
Cara membuat :
a. Iris tipis dan  melebar dada ayam.
b. Taburi garam & lada dikedua bagian fillet ayam tadi. Simpan dalam lemari es kurang lebih 15-25 menit
c. Siapkan wajan penggorengan, tuangkan minyak sedikit banyak agar semua bagian ayam dapat tercelup.
d. Campur bahan pelapis B jadi satu hingga rata. Ambil fillet ayam, masukkan dalam kocokan putih telur (pelapis A), gulingkan dalam campuran bahan kering (pelapis B). Lakukan 1x lagi. Terakhir masukkan dalam pelapis A & gulingkan dalam pelapis C (bread crumb).
e. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang kecil hingga coklat keemasan.
f. Angkat,tiriskan
g. Sajikan dengan taburan cabai bubuk, seaweed bubuk atau saus Bbq.


Mudah kan bikin camilan sehat itu? Yuk mari kita coba weekend ini. ^.^

*Corporate Slave : Karyawan Perusahaan
** Mas Yuddy : Teman main, teman satu mess, si cerdas yang hobi ngomong tanpa pernah kehabisan bahan dan energi. Temukan pemikiran ciamiknya di sini

You Might Also Like

0 komentar: