Ingin Berbisnis Sambil Bekerja Sebagai Karyawan / Pegawai? Ini Tipsnya

22:35:00 Rendra Kurniawan 2 Comments

Menjadi karyawan perusahaan bergengsi ataupun pegawai negeri seolah sudah merupakan cita-cita kebanyakan orang di bumi pertiwi ini. Banyak kalangan yang lebih memilih untuk berada di zona nyaman dan aman mereka, mengorbankan kemampuan yang mampu membuat hidup bisa terasa lebih hidup. Namun tidak sedikit juga yang memilih untuk berusaha mencari rejeki dengan membuka bisnis / usaha sendiri, menjadi seorang enterpreneur.


Diantara dua golongan tersebut, masih ada satu lagi golongan yang memilih untuk ingin tetap berbisnis sekaligus berada dalam zona aman dengan menjadi pegawai / karyawan sebuah perusahaan untuk mendapatkan pendapatan tetap. Banyak alasan yang mendasari pilihan seseorang. Memang tidak gampang untuk memulai sebuah usaha, karena itu ada beberapa orang yang kurang yakin untuk bisa berjuang tanpa adanya pendapatan tetap, maka dari itu mereka memilih untuk tetap mencoba membuka usaha sambil menjadi seorang karyawan atau pegawai pemerintah.

Bagi mereka yang termasuk dalam golongan ingin berbisnis sambil bekerja sebagai karyawan swasta atau pegawai pemerintah, berikut adalah beberapa tips / cara yang bisa dilakukan agar keinginannya tercapai, simak baik-baik.

Mengukur Kemampuan Diri

Ada baiknya kita pikirkan dan coba memikirkan sejauh mana kemampuan kita dan dimana keahlian kita. Sebab harus pandai memperhitungkan banyak aspek termasuk membagi waktu antara pekerjaan di kantor dan bisnis yang akan dijalankan diluar kantor. Agar tidak sampai kacau, karena bisa berakibat tidak baik bagi kehidupan kita nantinya, karena selain bagi waktu dan tenaga untuk kantor, keluarga juga perlu dijadikan pertimbangan.

Memilih Usaha Yang Tepat

Banyak sekali karyawan yang kerjanya full time. Jadi tidak memiliki banyak waktu untuk keluar kantor sebab harus menyelesaikan berbagai pekerjaan di kantornya. Untuk itu jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan / keahlian dan dengan waktu luang dan bisa kita kerjakan. Contoh mudahnya seperti mencoba berbisnis sebagai seorang Reseller, membuka Online Shop, Internet Marketer, atau lainnya tentunya di bidang yang kita kuasai agar tidak terlalu berat untuk memulai dan menjalankan bisnis tersebut. Disamping itu juga agar pikiran kita tidak terlalu stres karena bisa dianggap bisnis tadi adalah bentuk lain untuk menyalurkan minat kita.

Jangan Gunakan Modal Besar Awal Mulanya

Ketika membuat sebuah keputusan untuk berbisnis memang tidak terlepas dengan modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis tersebut. Sebaiknya anggarkan modal secukupnya terlebih dahulu, jangan langsung brutal mengeluarkan banyak modal untuk awal mula memulai bisnis.

Disiplin Dan Tanggung Jawab

Hal ini merupakan modal yang sangat penting untuk bisa menjalani ini semua. Meskipun kita sedang bekerja di kantor bukan tidak mungkin nanti juga bisa memiliki sebuah usaha sendiri diluar kantor. Hal tersebut, hanya bisa dilakukan dan diwujudkan jika kita memiliki niat yang kuat, ketekunan, tanggung jawab dan juga rasa disiplin.

Semoga artikel yang singkat ini bisa menginspirasi kalian atau minimal menambah informasi bagi kalian atau yang lain, sehingga yang awalnya belum tahu menjadi tahu.

You Might Also Like

2 comments:

  1. bales nyindir niyee...

    ReplyDelete
  2. Saya sebenernya kesulitan menentukan passion sih Mas. Banyak hal yang saya inginkan. Jadinya malah gak fokus gitu.

    Gimana ya cara menentukan bidang apa yang bener-bener jadi passion saya Mas?

    Kalo ada waktu, boleh dibikinin tips and trik-nya gitu nggak Mas? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete