Lebih Baik Kurangi Konsumsi 5 Minuman Ini

23:41:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Flavored Coffee (kopi dengan aneka rasa), Soda, Concentrated Juice dan beberapa minuman sejenisnya apakah sering kalian konsumsi? Atau bahkan jenis-jenis minuman tersebutlah yang selalu menjadi teman nongkrong ketika kopdar atau sekedar menghabiskan waktu untuk sendirian tanpa aktifitas berarti, benarkah seperti itu?
Jika iya, tolong dibaca sampai selesai mengenai daftar minuman yang kurang sehat dan sebaiknya segera untuk mengurangi mengkonsumsi minuman-minuman dibawah ini, agar kesehatan kita lebih terjaga dan mengurangi timbulnya penyakit.

SODA

Bukan rahasia lagi bahwa kandungan gula tertinggi di jajaran minuman ringan adalah dalam minuman soda yang tidak baik bagi kesehatan kita. Penelitian terbaru yang muncul di Journal of American Geriatrics Society menemukan bahwa peminum soda lebih mungkin untuk mendapatkan hampir tiga kali lebih banyak lemak perut selama periode kurang lebih sepuluh tahun, bahkan setelah memperhitungkan hal-hal seperti usia, olahraga, dan kebiasaan merokok. Berat perut ekstra dikaitkan dengan Penyakit Kardiovaskuler, Diabetes Tipe 2, Sindrom Metabolik, dan peningkatan angka kematian.
Source : www.amazingoasis.org
Di dalam minuman bersoda semuanya mengandung pemanis buatan, yang mana jauh lebih manis dibandingkan dengan satu balok gula. Dengan terbiasa oleh pemanis buatan, selain membahayakan kesehatan secara langsung, juga membahayakan diri kita karena akan merasa malas untuk mengkonsumsi buah-buahan segar.

SMOOTHIES + CONCENTRATED JUICE

Hanya karena bertuliskan "100% Jus" pada kemasa minuman jus yang selama ini beredar di pasaran, bukan berarti minuman tersebut benar-benar sehat / baik bagi tubuh kita.

Source : http://shubies.com/

The Guardian melaporkan bahwa ada kekhawatiran di antara para Ilmuwan Makanan bahwa Smoothies dan Jus adalah minuman soda jenis baru, minuman ini akan meningkatkan konsumsi gula per hari kita. Menurut sebuah penelitian di Inggris, banyak konsumen keliru dan percaya bahwa, karena gula berasal dari buah. Padahal hal tersebut belum tentu benar, jus terkonsentrasi sering digunakan sebagai pemanis buatan dalam minuman ringan, dan memiliki efek yang sama seperti gula. Kita seakan memakan buah-buahan utuh dan di sisi lain kita mendapatkan kandungan serat yang membantu kita memetabolisme gula dan membuat kita merasa kenyang. Meskipun itu kandungan serat yang diawetkan dalam Smoothies, penelitian menunjukkan minum seluruh buah-buahan tidak membuat kita merasa kenyang cara makan mereka akan, jadi kita lebih mungkin untuk camilan di kemudian hari. Smoothie kemasan juga mengandung tambahan konsentrat buah sebagai pemanis, bahkan bisa jadi dengan tambahan gula.

FLAVORED WATERS (Minuman Berasa)

Menurut ahli gizi, banyak orang yang memilih minuman tak berwarna (air mineral/putih) yang mempunyai rasa tertentu sebagai alternatif dari minuman bersoda, sehingga mereka tidak merasa bahaya untuk mengkonsumsi sehari-hari atau diberikan kepada anak-anak.


Namun, kenyataannya adalah minuman berasa sudah dicampuri berbagai bahan termasuk pemanis buatan dan penyedap yang notabene tidak baik bagi kesehatan kita. Alternatif untuk hal tersebut jika kita tetap ingin minum minuman yang berasa dan segar, bisa dengan air mineral ditambahkan air es agar terasa dingin serta tambahkan buah segar sebagai penambah rasanya.

FLAVORED NUT MILK

Organisasi Kesehatan Dunia - WHO (World Health Organization) menganjurkan bahwa tubuh kita untuk sebaiknya menerima asupan gula total adalah 25 gram per hari, tidak lebih dari itu. Padahal susu yang terbuat dari kacang-kacangan ini mayoritas diberikan pemanis buatan untuk menghilangkan rasa yang kurang disukai oleh konsumennya, sedangkan kacang-kacangan sudah memiliki kandungan gula sendiri.


Mari kita bersama-sama mencoba untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi minuman yang manis, lebih baik memilih minuman dengan kandungan gula yang sedikit.

FLAVORED COFFEE (Kopi Berasa)

Kopi kemasan saat ini sudah banyak beredar, dan jika kopi bubuk yang sering kalian konsumsi dicampuri berbagai bahan hingga memiliki rasa tertentu seperti "hazelnut vanili" atau "rempah-rempah", mungkin itu akan kalian anggap kopi tersebut seperti kopi pada umumnya hanya punya tambahan rasa dibandingkan kopi murni. Tapi apakah kalian tahu apa sebenarnya bahan-bahan tersebut?

Source : http://media.npr.org/
Menurut Environmental Working Group, orang biasanya lebih memilih untuk melihat "rasa alami" pada sebuah label yang ada di kemasan untuk lebih meyakinkan pembeli, bahwa bahan tersebut bukanlah buatan manusia sendiri. Ada sedikit perbedaan antara keduanya, perbedaannya adalah bahwa rasa alami harus berasal tanaman (hayati) atau hewan (hewani), sedangkan yang buatan adalah hasil dari proses sintesi di laboratorium, walaupun kebanyakan memiliki kandungan kimiawi yang sama. Namun tetap berbeda karena mengandung campuran bahan kimia pelarut, pengemulsi, dan pengawet. Bahan-bahan yang mengandung zat aditif seperti BHT dan BHA yang dapat menimbulkan penyakit kanker ini, pasti tidak disebutkan pada label di setiap kemasannya.

You Might Also Like

0 komentar: