Tips Memilih Cat Tembok Interior untuk Lebaran

10:52:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Pemilihan warna cat tembok untuk interior rumah bisa berpengaruh terhadap suasana hati, hingga kondisi kesehatan kita. Maka dari itu dalam memilih cat interior kita harus cermat agar mampu memberikan sentuhan warna yang tepat pada tembok rumah, bisa membuat kita merasa nyaman dalam beraktivitas maupun beristirahat bersama keluarga di rumah. Berikut ini tips sederhana dalam pemilihan cat tembok interior yang sehat dan tetap berkualitas, sehingga kebutuhan diatas bisa terpenuhi.

Designed by Freepik

Pilih Cat Tembok Interior yang Sehat

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih produk cat tembok interior adalah adanya merkuri maupun zat timbal yang terkandung dalam komponen dasar pembuat cat. World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia menyebutkan bahwa kadar merkuri cat berkontribusi besar pada peningkatan penyakit gangguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak anak, kanker, alzheimer, gangguan saraf, hingga penyakit jantung.

Untuk mengetahui baik atau buruk kandungan kimia di dalam suatu produk cat bisa diketahui dengan mengukur kadar Volatile Organic Compound (VOC) atau kandungan senyawa organiknya. Senyawa ini berbentuk gas yang dipancarkan dari bahan cair maupun padat. Penggunaan VOC yang melebihi ambang batas akan mengubah cat tembok menjadi zat perusak kesehatan.

Tingginya kadar VOC dari sebuah produk cat bisa kita ketahui dari bau menyengat yang tercium saat tembok baru selesai dicat. Bau tersebut tidak mudah hilang meski lapisan catnya sendiri sudah mengering. Konsentrasi VOC di dalam ruangan bahkan bisa meningkat dua hingga lima kali lipat dibandingkan di luar ruangan. Maka dari itu sebaiknya hindari menggunakan produk cat yang mengandung merkuri.

Pilih Cat Tembok Interior yang Berkualitas

Saat ini hampir semua produk cat memiliki warna yang beragam, tetapi tidak semua produk cat mampu mempertahankan keindahan warnanya dalam jangka waktu lama. Artinya, hal ini tergantung pada kualitas dari masing-masing produk cat tembok interior tersebut.

Jika cat tembok yang kita pilih tidak gampang pudar warnanya, pasti membuat kita merasa lebih nyaman berada dalam rumah dan merasa lebih segar karena indah dipandang dengan cat yang warnanya tahan lama. Beberapa produk cat dengan kualitas rendah biasanya mudah mengelupas dan pudar. Ketika disapukan ke tembok, cat juga susah melekat dan menutupi lapisan warna sebelumnya. Akibatnya kita harus berulang kali melakukan pengecatan. Pada akhirnya kita juga yang rugi karena butuh lebih banyak cat untuk mendapatkan hasil sesuai harapan, artinya lebih banyak uang yang perlu kita keluarkan.

Tinggi atau rendahnya kualitas suatu produk cat interior ditentukan oleh bahan resin yang digunakan sebagai komponen dasar campuran pembuat produk cat tersebut. Produk cat dengan kualitas bahan resin terbaik menghasilkan daya sebar dan daya tutup bagus dan merata. Cat tembok dengan bahan resin yang baik mampu melekat dengan sempurna pada dinding sehingga bisa membuat warna selalu tampak baru, tidak mudah pudar dan mengelupas, serta tahan lama. Penggunaan bahan resin dengan kualitas terbaik juga bisa menjadikan cat sebagai pelindung terbaik untuk tembok rumah. Sehingga jamur dan lumut tak mudah tumbuh serta mengotori dinding rumah Anda.

Pahami Cara Pemakaian Cat

Membaca aturan pemakaian cat yang tercantum pada kaleng kemasan atau brosur produk cat seringkali dianggap sepele. Padahal, hal ini bisa membantu Anda mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna. Dengan apa kita sebaiknya melakukan pengenceran cat, seberapa banyak diperlukan, berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengecetan di lapisan berikutnya, dan lain sebagainya.

Designed by Freepik

Setiap produk cat memiliki karakter dan cara pemakaian yang berbeda, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika melakukan pengecetan tembok interior rumah, sangat disarankan untuk membaca buku petunjuk produk cat tersebut atau informasi yang tertera pada kaleng cat.

You Might Also Like

0 komentar: