Aplikasi i-Toll, Pantau Kepadatan Arus Mudik Lebaran

09:48:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Mulai Lebaran 2017 ini pemudik semakin dimanjakan oleh Pemerintah dengan layanan baru dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berupa Aplikasi i-Toll. Sebelumnya Kemenkominfo juga sudah berencana merilis Aplikasi Peta Mudik Lebaran untuk membantu pemudik.


Jadi mulai lebaran tahun ini sudah siap dua aplikasi yaitu Aplikasi Peta Mudik Lebaran (dari Kemenkominfo) dan i-Toll (PUPR).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan bahwa aplikasi bernama Information Toll (i-Toll) itu serupa dengan aplikasi yang telah lebih dulu dirilis oleh operator jalan tol PT Jasa Marga Tbk bernama JMCare.

Lalu kalau sudah ada JMCare kenapa masih perlu i-Toll? Jawabannya adalah karena tidak semua Jalan Tol yang ada di Indonesia milik Jasa Marga. Melalui i-Toll, para pengguna jalan tol di Indonesia bisa mengakses langsung kondisi lalu lintas jalan tol yang terpantau oleh CCTV yang dipasang di sejumlah ruas jalan tol.

Herry mengatakan bahwa, "Di rual tol Jasa Marga, CCTV ada yang dipasang setiap 1 Km, ada yang dipasang setiap 500 Meter. Tapi di ruas Tol Cikopo-Palimanan, CCTV yang terpasang masih sedikit, namun didorong untuk ditambah". Selain bisa memperoleh informasi terkait kepadatan jalan tol, pemudik juga bisa mencari tahu lokasi tempat istirahat (rest area) terdekat, dan prediksi waktu tempuh perjalanan melalui aplikasi i-Toll, jika informasi yang ada di Aplikasi i-Toll kurang lengkap bisa memakai Aplikasi Peta Mudik Lebaran yng dirilis oleh Kemenkominfo.

Rencananya Aplikasi i-Toll ini akan diluncurkan pada pertengahan Bulan Juni 2017 atau sebelum memasuki periode mudik, H-7 lebaran. Untuk sementara aplikasi ini bisa diakses secara gratis oleh pengguna ponsel berbasis Android. Untuk masyarakat yang menggunakan iPhone atau device berbasi iOS masih belum bisa.

Semoga dengan adanya layanan-layanan baru ini oleh Pemerintah, bisa bermanfaat bagi semua masyarakat Indonesia terutama bagi pemudik.

You Might Also Like

0 komentar: