Semangat Nulis Blog Padam, Bakar Lagi Aja!

19:41:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Bagi kebanyakan penulis, baik itu penulis blog atau penulis lainnya saya yakin pasti pernah sampai di suatu waktu dimana mereka bingung, susah dapat ide untuk menulis. Atau punya ide untuk menulis tapi semangatnya yang kabur entah kemana, dan ada juga yang kesulitan dapat waktu untuk menyelesaikan tulisannya yang masih dalam status draft menjadi published.


Sayapun pernah ada di masa-masa seperti itu, merasa sama sekali ga berguna atau males banget untuk menyelesaikan tugas-tugas yang tiada pernah ada habisnya. Ketika sudah dalam masa seperti itu, tidak masalah nikmati saja dulu, anggap waktu tersebut sebagai waktu untuk istirahat jasmani dan rohani kita. Tapi jangan lama-lama kalau bisa ya :D

Sudah waktunya bakar kembali semangat yang sudah redup, sudah waktunya bangun dan keluarkan semua potensi yang kita punya. Sudah waktunya produktif! Tentukan jadwal dan deadline untuk tugas yang perlu diselesaikan, dan just do it. Coba beberapa tips dibawah ini untuk membantu membangkitkan kembali semangat produktif kita.

Atur waktu untuk menulis. Kita bisa manfaatkan aplikasi Penjadwal atau sejenisnya yang sudah banyak tersebar di Internet yang bisa kita pasang di Smartphone, Laptop atau lainnya yang mampu membantu kita mengingat dan mengatur jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugas. Silahkan atur dan bagi waktu sebaik mungkin menurut karakter kita masing-masing.

Bekerja konsisten di suatu waktu secara rutin. Mood sangat berperan bagi kelangsungan hidupnya semangat kita, saya yakin tidak bisa mood kita bisa bertahan seharian penuh untuk mengerjakan suatu hal. Maka dari itu mari kita cari waktu yang tepat bagi kita untuk mengerjakan tugas-tugas yang kita punya. Anggap saja untuk memulai hari paling semangat ketika jam 9 pagi, maka kita harus konsisten tepat di jam tersebut sebisa mungkin mulai lakukan sesuai jadwal yang sudah disusun.

Abaikan selingan atau hal lain yang menghambat. Ide memang datangnya tidak bisa kita atur waktunya, namun jangan sampai ide-ide tersebut justru mengacaukan jadwal sehingga tugas atau tanggungjawab tidak kunjung selesai. Catat saja dulu untuk dipikir selenjutnya, lebih baik kita lanjutkan dulu yang sudah kita mulai.

Sebuah catatan sangatlah penting. Terkait pada poin sebelumnya, catatan akan sangat membantu kita nantinya. Ketika menulis atau menyalurkan ide butuh fokus, sebisa mungkin jangan biarkan fokus kita terpecah.

Kamu juga perlu bahagia. Disaat tugas atau tanggungjawab dirasa sudah berada pada titik aman, mari berbahagia. Kita perlu istirahat, perlu liburan untuk menghibur batin dan raga kita. Secara tidak terduga biasanya kita akan menemukan ide-ide gila lainnya selama liburan tadi, atau bahkan dengan begitu kita punya bahan untuk menulis lagi.

Kurang lebih tips membakar semangat menulis artikel blog yang bisa Hey! Leblung bagikan itu dulu, semoga saja bisa bermanfaat dan bisa tetap semangat untuk menulis, semangat untuk cari ide dan lain lagi.

You Might Also Like

0 komentar: