3 Hewan Yang Bermigrasi Sangat Jauh

00:27:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Hey! Leblung - Banyak hewan bermigrasi untuk berbagai alasan dan salah satu alasannya adalah untuk melanjutkan hidup mereka. Beberapa maksud dan tujuan mereka bermigrasi lainnya seperti untuk mencari makanan, mendapatkan pasangan atau untuk menghindari cuaca yang tidak cocok atau membahayakan bagi kelangsungan hidup mereka.

Seberapa jauh jarak yang ditempuh selama bermigrasi sangat bervariasi, tidak dapat ditentukan secara pasti berapa jauh mereka menempuh perjalanan hingga tujuan. Ada yang sangat jauh hingga beribu kilometer jauhnya, ada yang hanya ratusan meter. Contohnya beberapa jenis plankton yang naik ke permukaan air setiap harinya ketika matahari terbit, dan kembali turun ke dasar air ketika matahari terbenam.

Fokus kali ini adalah membahas mengenai hewan apa saja yang mampu menempuh jarak sangat jauh ketika mereka melakukan migrasi. Hewan apakah yang paling sering bepergian atau bermigrasi? Dan apa tujuannya mereka bermigrasi?

Kupu-Kupu Monarch

Diantara 4 hewan dengan jarak tempuh migrasinya yang kita bahas kali ini, Kupu-Kupu Monarch adalah yang terdekat. Hanya sekitar kurang lebih 1600 kilometer. Melihat usia maksimal dari Kupu-Kupu Monarch yang hanya beberapa bulan saja, sedangkan untuk sekali bermigrasi dibutuhkan waktu kira-kira selama enam bulan.

Sumber foto : dallastrinitytrails.blogspot.co.id
Ini berarti mereka membutuhkan dua hingga tiga generasi untuk menyelesaikan sekali migrasi. Tetapi dengan pengetahuan tentang bagaimana caranya bepergian dengan jarak yang sangat jauh sudah tertanam mendarah daging dan melekat di DNA mereka, sehingga akan mampu melacak dan mengetahui jalur mana yang seharusnya akan dilanjutkan oleh generasi berikutnya hingga sampai tujuan akhir.

Ikan Paus

Setelah Kupu-Kupu Monarch, hewan selanjutnya yang mampu bermigrasi dengan jarak sangat jauh adalah Ikan Paus. Ikan Paus mampu hidup di lautan lepas yang begitu besar sehingga memungkinkan bagi mereka untuk terus bertahan hidup dan menyelesaikan misi perjalanan jauh (migrasi) mereka.

Sumber foto : National Geographic
Salah satu contoh Ikan Paus tersebut adalah Ikan Paus Humpback, adalah hewan terbesar di dunia saat ini yang mampu tumbuh hingga mencapai panjang 50 kaki. Jenis Ikan Paus ini tergolong sangat langka, karena populasinya yang semakin sedikit karena berbagai faktor, yang mana salah satu faktornya adalah perburuan ikan paus jenis ini.

Ikan Paus Humpback menghabiskan waktu mereka selama musim panas untuk hidup di lautan yang dingin seperti Samudera Atlantik. Ketika musim dingin, mereka bermigrasi ke area dekat dengan garis katulistiwa untuk berkembang biak atau mendapatkan pasangan. Dari semua itu bisa diperkirakan Ikan Paus Humpback mampu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 10.000 kilometer.

Arctic Tern

Burung adalah jenis hewan yang terkenal mampu untuk bermigrasi dengan jarak yang sangat jauh. Seperti halnya ikan paus, mereka sama-sama hidup di area luas. Burung dapat memanfaatkan dan memanipulasi arah angin yang bisa membantu proses migrasi mereka. Burung Arctic Tern, adalah jenis burung yang bermigrasi paling jauh di muka bumi ini. Dia mampu menempuh jarak kurang lebih 71.000 kilometer per tahun, sementara jarak (radius) bumi hanya sekitar 25.000 kiloemeter.

Sumber foto : www.audubon.org
Burung Arctic Tern biasanya memulai perjalanan migrasi mereka setelah berkembang biak selama musim panas, migrasi menuju ke Antartika kemudian kembali lagi ke lokasi awal mereka berangkat.

You Might Also Like

0 komentar: