Kenapa Sih Kalo Di Tempat Baru Jadi Susah Tidur?

00:58:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Diantara kalian apa ada yang mengalami kesulitan untuk tidur kalo berada atau baru menempati tempat baru atau kamar baru?

Ilustrasi : minaina-ilaaina.blogspot.com
Fenomena seperti itu biasa disebut 'first-night effect' oleh para peneliti. Sebuah studi menjelaskan kenapa kita cenderung susah tidur ketika di tempat baru. Alasannya adalah bahwa mereka percaya tidur di tempat baru atau kamar baru akan memberikan sugesti untuk merasa tidak aman, sehingga otak akan terus terjaga karena hal tersebut. Para ilmuwan juga mencatat dalam jurnal 'Current Biology' bahwa hal tersebut meningkatkan respon otak terhadap suara yang tidak biasa dan 'rangsangan eksternal yang menyimpang'.

Para peneliti memanfaatkan beberapa alat pindai otak yang berbeda termasuk MRI (Magnetic Resonance Imaging), untuk memantau kondisi seseorang ketika dalam keadaan tertidur. Pada malam pertama, orang cenderung kesulitan untuk bisa tidur di tempat yang pertama kali mereka datangi. Fenomena ini bisa dikatakan wajar karena hal ini merupakan salah satu tindakan untuk bertahan hidup lebih dari lingkungan asing yang mungkin berpotensi berbahaya pada diri mereka.

Tidak hanya manusia, fenomena (teknik bertahan hidup) ini juga ditemukan pada hewan seperti yang disampaikan oleh seorang Ahli dalam Ilmu Linguistik dan Psikologis Kognitif di Brown University, Amerika Serikat yaitu Prof. Yuka Sasaki. "Kita tahu bahwa hewan laut dan beberapa burung menunjukkan tidur uni-hemispheric, satu terbangun dan yang lainnya tidur," katanya dilansir dari Independent.

Para peneliti mencoba untuk menghindari bagian dari otak yang 'terjaga' dengan menggunakan stimulasi magnetik, dan mencari tahu dapatkah membantu orang untuk tidur.

Untuk membantu mengurangi kesulitan tidur di tempat baru mungkin kita bisa dengan membawa bantal (kesayangan) sendiri, membawa boneka atau barang kesayangan lainnya yang biasa dipake buat teman tidur dari rumah / kamar yang biasa ditempati, atau bahkan orang kesayangan (yang ini dengan catatan harus "halal" / mahram dengan kita). Intinya sih biar kita bisa merasa nyaman dan bahkan aman untuk tidur di tempat baru tersebut.

You Might Also Like

0 komentar: