Saimdang, Light's Diary - A New Must Watch Korean Drama

21:20:00 It's Leblung 0 Comments

Drama korea yang tayang pertama kali pada 26 Januari 2017 ini barangkali tidak terlalu familiar bagi sebagian besar pecinta drama korea. Tidak seperti Goblin atau Descent of The Sun yang ramai dibicarakan, "Saimdang, Light Diary" ini cenderung adem ayem dan tidak booming. Lalu kenapa drama korea ini digolongkan sebagai "A Must Watch Korean Drama" ???

Source : www.dramafever.com

Pemeran
Tidak bisa dipungkiri bahwa seringkali keputusan untuk melihat drama korea tertentu adalah karena artis yang ikut berperan di dalam drama tersebut. Yah seperti kata Jaz, "Dari matamu, matamu, kumulai jatuh cinta". Tsaaah. Lalu siapa yang ditawarkan oleh Sutradara kenamaan Yoon Sang-Hoo untuk para pecinta drama korea?


1. Lee Young Ae
source : www.soompi.com
Artis berusia 31 tahun yang terkenal lewat drama berjudul Jewel in The Palace (2003) atau Dae Jang Geum ini dipilih sebagai pemeran utama. Dalam drama yang tayang dari 26 januari hingga 4 Mei 2017 ini, ia berperan sebagai Shin Saimdang, salah satu pahlawan wanita di Korea Selatan yang dinobatkan sebagai "Mother of The Year." Selain itu, untuk menghargai jasanya, wajahnya dipilih untuk menghiasi uang pecahan 50.000 won. Yah, semacam Cut Nyak Dien-lah kalau di Indonesia. Bedanya, Shin Saimdang adalah seorang penyair dan seniman di bidang lukis.

Tidak hanya berperan sebagai Saimdang, dalam drama yang tayang tiap hari Rabu dan Kamis pukul 10 malam di SBS ini, ia juga berperan sebagai Seo Ji-Yoon, dosen Sejarah Seni di Universitas Hankuk. Lho kok?


2. Song Seung Hoon
source : www.en.yibada.com
Siapa sih yang tidak kenal si ganteng Song Seung Hoon? Dalam drama ini ia berperan sebagai Lee Gyeom Dewasa yang tidak lain dan tidak bukan adalah kekasih Shin Saimdang di masa muda. Lee Gyeom adalah kerabat raja yang memiliki bakat di bidang seni, ia adalah pelukis handal yang terkenal dengan carefree spirit-nya. Karena bakatnya itu, Lee Gyeom menjadi kerabat kesayangan sang raja Joseon, tapi siapa mengira kalau akhirnya raja juga yang berusaha membunuh Lee Gyeom. Lha kok?


3. Yang Se Jong
source : www.tumblr.com
Aktor yang terkenal lewat drama medis berjudul Romantic Doctor ini berperan sebagai Lee Gyeom muda dan dosen Universitas Hankuk bernama Han Sang Hyun yang juga merupakan junior dari Seo Ji-Yoon.

Sinopsis
Tidak seperti drama korea pada umumnya yang mengambil alur maju, drama ini memilih alur maju dan mundur dengan menyertakan potongan-potongan kisah yang seolah menggabungkan masa depan dan masa lampau.

Cerita ini berawal dari penyataan seorang dosen Sejarah Seni, Seo Ji-Yoon, yang menyatakan keraguannya akan keaslian lukisan Keumkangsando Ahnkyun saat profesornya mengemukakan bahwa lukisan dari era Joseon telah berhasil ditemukan. Pernyataan tersebut diawali oleh pertanyaan dosen sekaligus juniornya, Han Sang Hyun. Ia menilai bahwa Pohon Maple pada lukisan yang sedang dipresentasikan seharusnya bukan merupakan lukisan era Ahnkyun. Penolakan Ji-Yoon pun menjadi viral dengan cepat melalui video yang disebar melalui Youtube dan berbagai media sosial lainnya.

Singkat cerita, sang Profesor yang memiliki maksud untuk menjadikan lukisan tersebut jaminan untuk mendapatkan investasi dana dari luar negeri untuk mengembangkan bisnis bersama rekannya pun menjadi geram. Profesor Min Jung Hak kemudian memberhentikan Ji-Yoon secara tidak hormat saat mereka berada di Italy. Ji-Yoon dikeluarkan dari hotel, semua fasilitas universitas yang seharusnya ia dapatkan selama mendampingi Prof Min Jung Hak di Italy dicabut secara paksa dan tiba-tiba. Spontan Ji-Yoon merasa tertekan dan bingung harus meminta pertolongan kepada siapa.

Di belahan dunia yang lain, suami Ji-Yoon dijadikan tersangka pencucian uang oleh rekan Prof Min Jung Hak. Sehingga ia harus melarikan diri sembari mulai mencari bukti bahwa dirinya tidak bersalah. Ji-Yoon pun terpaksa harus menyelesaikan masalahnya sendiri di Italy. Sesaat setelah diusir dari hotel, Ji-Yoon memilih pergi sembari mabuk dan mengoceh sepanjang jalan. Saat itulah ia berpapasan dengan seorang penjual buku-buku lama yang akhirnya memberinya 2 buah buku.

Keesokan harinya saat Ji-Yoon sudah sadar, ia mulai membaca buku yang ia dapatkan semalam. Lalu siapa sangka bahwa buku tersebut adalah diary milik Shin Saimdang. Seorang seniman di era Joseon yang memiliki Keumkangsando Ahnkyun pemberian kekasih hatinya, Lee Gyeom.

Waktu berputar, setting cerita berpindah ke era Joseon, dimana Shi Saimdang muda tampak tengah berusaha memanjat pagar rumah Lee Gyeom untuk melihat lukisan Keumkangsando Ahnkyun yang terkenal. Malang tak dapat dinyana, ia ketahuan oleh sang empunya rumah, yang tak lain dan tak bukan adalah Lee Gyeom. Melihat gadis yang teguh pendirian lagi cantik itu, Lee Gyeom pun mulai tertarik.


source : www.pinterest.com

Pada hari berikutnya, Lee Gyeom mulai mendekati Shin Saimdang yang ternyata adalah putri dari salah satu cendekiawan yang menolak membelot terhadap raja. Ia memberikan Keumkangsando Ahnkyun sebagai media untuk pedekate. Hari demi hari mereka semakin dekat, memiliki bakat dan minat yang sama di bidang puisi dan lukis membuat mereka saling jatuh hati hingga akhirnya memilih untuk menikah.

Namun, beberapa hari sebelum pernikahan, sang Raja mendatangi ayah Saimdang. Meninggalkan sebuah puisi yang berisi kegalauan hati raja karena para bangsawan dan pemerintah suka berfoya-foya sedangkan masih banyak rakyat yang mengalami penderitaan. Secara tidak sengaja Saimdang membaca puisi tersebut dan menuliskan lagi puisi tersebut di sebuah lukisan yang ia buat di Pyeongsa.

Lukisan berpuisi raja itu ia berikan kepada seorang gadis kecil yang ia temui di Pyeongsa. Namun siapa sangka saat si gadis mencuri makanan di meja saji untuk para menteri dan pejabat kiri yang tengah berpesta, ia membawa serta lukisan tersebut. Terjadilah chaos dalam waktu singkat. Seluruh desa yang notabene adalah pembuat kertas georyeo terbaik se-Joseon dibantai dalam waktu singkat di depan mata Saimdang dan seorang gadis anak pemilik kedai makanan di desa Saimdang.

Keduanya pun lari tunggang langgang dengan luka di beberapa bagian tubuh. Raja yang mendapat berita tersebut seketika panik karena takut puisinya-lah yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Raja dengan gegabah memerintahkan untuk membunuh seluruh cendekiawan dan keluarga mereka yang telah menerima puisi tersebut, tidak terkecuali ayah Saimdang dan keluarganya. Namun raja berpesan bahwa Saimdang dan Lee Gyeom bisa dibebaskan asalkan pernikahan mereka dibatalkan.

Saimdang yang mendengar hal tersebut, langsung meminta sang ayah menikahkannya dengan orang lain. Agar Lee Gyeom dapat tetap hidup. Pernikahanpun digelar dengan segera. Lee Gyeom yang mengetahui hal tersebut, marah dan patah hati bukan main. Ia sama sekali tak mengetahui hal tersebut.

Bertahun-tahun berselang, Saimdang hidup bersama suaminya yang kurang dapat diandalkan. Ia menjadi miskin dan harus berusaha keras untuk dapat bertahan hidup bersama 4 orang anaknya. Kisah luar biasa dimulai, Saimdang yang memang cerdas dan tegas, menggerakkan para gelandangan untuk membuat kertas georyo yang mahal dan menjadi komoditas andalan Joseon. Tapi langkahnya tidak semulus itu, ia harus berhadapan dengan Whieumdang, anak pemilik kedai yang bepergian ke Pyeongsa bersama Saimdang. Seseorang yang kemudian menaruh dendam karena Lee Gyeom hanya memperhatikan Saimdang.

Perjalanan panjang menuju sukses inilah yang banyak sekali memberi tauladan bagi pecinta drama korea. Bagaimana Saimdang berusaha menyelesaikan sesuatu dengan baik, bagaimana ia menghormati orang lain dan percaya bahwa semua orang pada dasarnya baik (meski gelandangan sekalipun), bagaimana ia mendidik anak-anaknya menjadi cendekiawan yang bermoral dan berhati baik, bagaimana ia mampu menghormati suaminya meski ia mencintai Lee Gyeom seorang, bagaimana ia mampu mengkoordinir orang-orang untuk bersama-sama mencapai taraf hidup yang lebih baik.

Saimdang mengajarkan banyak hal. Namun di lain sisi juga menyentuh hati jika sudah berurusan dengan Lee Gyeom yang tetap mempertahankan cintanya pada Saimdang dan memilih menjaganya dari jauh, dari tiap langkah yang bisa ia tempuh untuk melindungi perempuan yang ia cintai. Beberapa kali dibikin mewek dengan adegan percintaan Lee Gyeom dan Shin Saimdang yang super elegan. Perlu dicatat, dalam drama ini tidak ada adegan bermesraan sama sekali. ciuman pun tidak sama sekali. Tapi tetap mampu membuat hati mengharu biru.




Sedangkan setting masa depan diisi dengan upaya Ji-Yoon membuktikan bahwa Keumkangsando Ahnkyun milik Prof Min adalah palsu. Di saat-saat pencarian ini, Ji-Yoon seperti memiliki ikatan kuat dengan Saimdang. Berkali-kali ia mendapat mimpi maupun penglihatan tentang kehidupan Saimdang dan sangat membantu pencariannya kan Keumkangsando asli.

Lalu, apakah Ji-Yoon berhasil menemukan Keumkangsando asli dan mengalahkan Prof Min? Apakah Simdang akhirnya memilih hidup bersama Lee Gyeom? Apakah Saimdang berhasil menjadi pembuat kertas Georyeo terbaik di Joseon?

Langsung melipir ke website penyedia drama korea yuk! Dijamin tidak hanya bahagia tapi mendapat banyak pelajaran berharga. Untuk kamu yang masih penasaran, simak trailer "Saimdang, Light's Diary" berikut ini.

You Might Also Like

0 komentar: