Sentuhan Magis Pantai Atuh Nusa Penida

22:06:00 Rendra Kurniawan 0 Comments

Perbukitan yang eksotis di Nusa Penida menyembunyikan satu pantai yang indah yaitu Pantai Atuh. Masih alami, tidak banyak pengunjung dan lebih lagi bersih dari sampah, oh Tuhan semoga anak cucu kami kelak bisa menikmati ciptaanmu yang sempurna ini dengan kondisi maksimalnya. Hangatnya momen matahari terbit berpadu dengan pasir pantai yang putih bersih dan bebatuan karang ikonik, sungguh indah.

www.water-sport-bali.com

Pantai Atuh, Nusa Penida di Kabupaten Klungkung - Bali. Pantai ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi turis lokal maupun luar negeri. Banyak wisatawan sangat suka dengan momen matahari terbit di Pantai Atuh ini, bisa dibilang salah satu dalam daftar pemandangan matahari terbit terbaik di Bali. Lokasi pantai di bagian timur dan air laut masih surut, sehingga terumbu karang yang menemanimu di pagi hari itu akan melengkapi semangat pagimu saat itu, percayalah :).

Akses menuju pantai ini juga sudah bagus, dari Sampalan ke Pantai Atuh jalanan sudah beraspal mulus. Bukti kesiapan Nusa Penida menjadi destinasi baru di Bali. Sepanjang perjalanan dari Sampalan ke ujung timur pulau terlihat pantai berkarang kuning, tempat budidaya rumput laut disana. Kemudian kalian harus melanjutkan perjalanan dengan melewati jalur yang mendaki bukit, di atas kalian bisa melihat dengan jelas bentang laut luas berlatarkan Gunung Agung Bali. Setelah ini, jalur menuju Pantai Atuh mulai menyempit dan akan kalian temui jalan bercabang dimana semuanya mengarah ke Pantai Atuh, untuk lebih aman dan yakin kalian perlu bertanya pada penduduk setempat soal jalan mana yang lebih baik untuk ke Pantai Atuh (jika sudah sampai disini, keahlian menyetir kalian mulai diuji).

Bukit Labuhampuak

Karena Pantai Atuh terletak di balik perbukitan di belahan timur Nusa Penida, jalur yang mesti didominasi kontur berbatu membelah bukit. Dari lokasi parkir dekat pantai, kita masih harus berjalan kaki cukup jauh. Tapi saya rasa tidak akan kalian rasakan capek sebab untuk bernafas normalpun tidak akan kalian lakukan. Batin yang dimanjakan dengan pemandangan sekeliling, air pantai biru nan jernih serta hamparan pasir putih yang halus, tebing yang menjulang tinggi (bagian dari Bukit Labuhampuak) menambah rasa takjub kita kepada Yang Maha Kuasa.

flickr.com

Dari atas Bukit Labuhampuak bisa disaksikan pula sebuah teluk yang didominasi oleh batu karang berukuran cukup besar. Warga sekitar menyebut daerah tersebut dengan Teluk Titibahu, susunan batu karang dan tebing horizontal mengingatkan pada kokohnya bukit di The Twelve Apostles, Negara Bagian Victoria - Australia.

Matahari Terbit di Pantai Atuh

Usaha keras akan langsung terobati begitu sampai di Pantai Atuh pada momen yang tepat ini, ya benar, Matahari Terbit di Pantai Atuh. Dari garis pantai, segala pesonanya muncul satu demi satu. Tidak ketinggalan Karang Batu Bolong nan kokoh ikut serta dalam pertunjukan alam ini. Karang yang menyerupai kepala kuda tersebut merupakan ikon Pantai Atuh (jadi kalian wajib mengabadikannya).

pegipegi.com

Sungguh indah ciptaan-Nya, semoga suatu saat kalian yang membaca ini mendapat inspirasi dan motivasi untuk tetap menjaga keasrian dan keindahan Pantai Atuh ini. Berliburlah, berbahagialah, dan bertanggungjawablah :)

You Might Also Like

0 komentar: