Find a Great Iftar Through These SocMed Account

21:56:00 It's Leblung 0 Comments


Dalam hitungan hari, kita umat muslim akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Gegap gempita bahagia itu disampaikan lewat berbagai pertanda : tukang es kelapa muda dadakan yang mulai muncul di berbagai sudut kota, gantungan aneka petasan yang membuat anak-anak kecil merengek ke ibundanya, dan dibagikannya jadwal sholat di beberapa kantor maupun pertokoan secara gratis. Yaaa. Ramadhan sudah dinanti.

Nah, satu momen yang penting selain menjalankan ibadah puasa itu sendiri adalah saat berbuka atau iftar. Bukan karena terlalu bahagia puasa berakhir yaa, absolutely no. Tapi karena di momen ini semua anggota keluarga mengusahakan untuk pulang tepat waktu. Momen kebersamaan ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Dan makin bertambah lengkap dengan berbagai hidangan spesial.
Nah, untuk kamu yang bertugas menyiapkan hidangan spesial untuk berbuka puasa, bisa banget menengok beberapa akun media sosial ini untuk mencari resep dan inspirasi hidangan iftar :

Akun ini baru saya temukan beberapa minggu yang lalu. Berbekal keyword "Strawberry Latte", diperkenalkanlah saya dengan akun yang artistik ini. Pembuatnya berasal dari Korea Selatan, karena itu jugalah dari 167 video yang mereka buat, hampir semua mengenalkan makanan-makanan ala Korea. 

Tapi, beberapa video mengenai beverage atau minuman ala Wife's Cuisine membuat saya jatuh hati. Filming yang sederhana, mengandalkan suara-suara natural saat memasak seperti suara gemericik air saat mencuci bahan makanan, suara ketukan pisau saat bersentuhan dengan talenan, atau suara denting sendok menjadikan proses memasak nampak syahdu. Tidak hanya itu, bahan-bahan yang digunakan juga tercatat jelas di video maupun kotak deskripsi. Ini tentu sangat memudahkan. 

Resep-resep Wife's Cuisine yang masuk dalam list saya antara lain : Mango Shaved Ice, Melon Shaved Ice, Strawberry Syrup & Latte, serta Watermelon Ade. Bahannya mudah didapat, caranya mudah dipahami, dan tampilannya menggoda. Saya sudah sangat penasaran untuk membuatnya.


Siapa sih yang gak kenal Chef Yuda Bustara? Acara Urban Cook-nya di Kompas TV sukses membuat banyak orang jadi berpikir, "Eh, masak itu kece ya?" dan lalu yang gak biasa masak jadi tetiba pengen masak. I'm one of those girl kok. Hhi. Resep pertama yang saya coba adalah Chocolate Cake Cangkir, tahun 2013 yang lalu. Dan ajaibnya berhasil pada percobaan pertama, padahal caranya jauh dari how to make a cake ala ibu saya yang pembuat kue profesional. Keren nggak tuh?

Itu adalah satu dari sekian banyak alasan mengapa saya merekomendasikan akun Chef Yuda Bustara. Karena caranya mudah untuk seorang yang tidak pernah ke dapur sekalipun. Jadi, untuk kamu yang masih tahap belajar, akun ini bisa banget dijadikan panutan. Alasan lainnya adalah karena Chef Yuda selalu menjelaskan dengan detail mengapa menggunakan bahan ini, jika tidak ada, bahan apa yang bisa dijadikan pengganti, kenapa harus dibeginikan dan kenapa tidak boleh dibegitukan, dan hal-hal yang lain. Ini membuat pengetahuan tentang apa yang kita buat menjadi bertambah banyak dalam sekejap.

Selain itu, Chef Yuda dan timnya sangat friendly. Pertanyaan receh macam apa beda tepung tapioka dan tepung maizena pun mereka jawab. Dan itu yang bikin kami para followernya makin jatuh hati. They help us a lot. Bagaimana dengan pilihan resep ? Duh. Jangan ditanya. Mulai resep minuman, snack kekinian, makanan japanese, hingga resep makanan daerah ada semua. Kurang lengkap apa coba?

So, dengan kemudahan cara membuat, penjelasan detail, keramahan Chef, plus pilihan resep yang bejibun, tidak salah dong kalau akun Chef Yuda saya jadikan rekomendasi rujukan resep menu berbuka puasa?


Di tanah Sunda ini, saya baru tau kalau ada beberapa keluarga yang memiliki tradisi makan gorengan dulu saat berbuka puasa. Barulah menyantap hidangan utama. Nah, kalau kamu adalah salah satu dari mereka yang memiliki tradisi itu, bisa banget loh cari inspirasi dari akun Instagram @fridajoincoffee. Beragam jenis makanan ringan a.k.a kue ada di sana. Jadi tiap hari tidak melulu gorengan tempe atau bala-bala. 

Akun yang memiliki follower sebanyak 295 ribu dan telah menerbitkan buku baik versi printed maupun ebook ini dikenal baik di kalangan ibu-ibu muda. Resep yang dituliskan dengan detail menjadikan akun ini banyak disukai. Tidak hanya itu, Frida, sang pemilik akun, bersifat sama dengan Chef Yuda. Baik hati sekali mau menjawab pertanyaan-pertanyaan para followernya. Ini menjadikan akun ini tidak hanya bekerja satu arah, tapi dua arah. Ada komunikasi yang terjalin baik antara influencer dan followernya.

Saya sihh, sejak lama ingin membuat kue cucur dengan resep Frida. Semoga bisa kesampaian yaa..

Jadi, akun mana yang akan menginspirasimu?

You Might Also Like

0 komentar: