Pilih Bra yang Tepat Untukmu, Girls!

13:04:00 It's Leblung 0 Comments

Fashion merupakan hal yang penting bagi seorang wanita. Ya. Peduli fashion bukan berarti harus mengikuti trend terkini atau mengikuti gaya berbusana selebritis yang sedang berada di puncak karir lho. Peduli fashion diartikan sebagai menggunakan pakaian yang nyaman, membuat percaya diri, sesuai dengan suasana atau acara yang dihadiri (gak mungkin dong pake piyama ke pengajian?), membuatmu merasa menjadi diri sendiri, dan bebas bergerak kesana-kemari.

Untuk memaksimalkan penampilan itu, pakaian dalam tentu menjadi hal yang perlu diberi perhatian khusus. Ya. Perhatikan bra yang kamu gunakan. Pakaian dalam yang berfungsi menutupi dan menopang payudara itu mampu membuat style kamu menjadi berantakan jika tidak dipilih dengan tepat. Bra yang un-fit bisa membatasi gerakmu, girls. Seperti sesak napas karena terlalu ketat, malu bergerak karena si ‘aset’ melonjak kemana-mana akibat bra terlalu longgar, atau yang lebih fatal lagi bra membuat bagian dadamu terlihat aneh dan tidak bulat sempurna. 

Mm, bagaimana mengidentifikasi bra yang kurang tepat?

1.    Berdirilah di depan cermin sehingga kamu bisa melihat jelas bentuk payudaramu
2.    Apakah terdapat bagian payudara yang menyembul keluar dari bawah atau bagian tengah bra?
3.    Apakah terdapat rongga di antara bagian tengah payudara dan bagian tengah bra?
4.    Apakah terdapat bekas kawat pada bagian bawah payudara?
5.    Apakah terdapat bekas tali bra pada bahumu?
6.    Apakah kaitan tali di belakang bra tertarik ke atas?
7.   Apakah payudaramu nampak terlalu ke bawah, terlalu ke atas, atau letaknya menyamping ke kiri kanan tubuhmu?

Jika semua pertanyaan itu kamu jawab dengan “IYA”, remove your bra now! Kamu salah memilih ukuran bra dan itu bisa membahayakan kesehatanmu, girls. (baca http://www.leblung.com/2016/03/awas-salah-bra-petaka.html)

Lalu, bagaimana memilih bra yang tepat?
1.    Pilih ukuran yang pas
Wacoal.id berbaik hati memberikan cara mengukur payudara yang tepat, girls!

a.      Pertama, ukur lingkar dada kamu pada titik tertinggi payudara (top bust), misalkan 85 cm.
b.   Kedua, ukur lingkar dada kamu pada titik terendah payudara yang berada tepat di bawah lingkar payudara (under bust), misalkan 75 cm.
c.       Hitung selisih antara top bust  dan under bust
85 cm – 75 cm = 10 cm
Maka cup bra yang tepat untukmu adalah cup A.
d.      Ukuran under bust ini menunjukkan panjang tali yang kamu perlukan.
75 cm berarti size 34 untuk ukuran bra pada umumnya, atau pada bra modern seperti merk Young Heart, Wacoal, dll, akan langsung kamu jumpai ukuran A75.
2.    Pilih sesuai dengan bentuk payudaramu
Seperti yang dilansir oleh www.liputan6.com, terdapat 7 jenis payudara. Berikut tipe payudara wanita dilihat dari bentuk dan payudara yang sesuai:
a.       Serong ke kanan
Jika bentuk payudara tertarik ke arah luar tubuh Anda dan meninggalkan beberapa ruang di bagian pusar langsung dari dada Anda, sebuah bra T-shirt akan tepat untuk Anda gunakan untuk memberikan bentuk yang sempurna pada payudara Anda.
b.      Terpisah jatuh ke sisi bawah
Bentuk payudara ini jatuh ke arah sisi tubuh. Untuk itu pilih sebuah bra dengan gaya terjun serupa sehingga dapat membantu menarik payudara agar tampak lebih indah.
c.       Seperti lonceng bola
Jika payudara kamu sedikit lebih tipis di atas sebelum pembulatan ke bawah, jenis bra terbaik adalah tipe penuh cakupan yang memeluk payudara kamu. Kaum hawa dengan jenis payudara ini membutuhkan dukungan ekstra baik untuk mengangkat dan menarik payudara.
d.      Seperti globe
Jenis payudara ini sangat bulat dan sama-sama penuh di bagian atas dan bawah. Pilihlah bra yang tipis, bergaris dan mencakup seluruh bagian payudara kamu. Bra dengan tipe itu akan membuatmu nampak sempurna.
e.      Berukuran mini
Sebagian perempuan memiliki payudara yang kecil namun panjang. Bra dengan jenis turun ke bawah akan sangat sesuai untuk jenis payudara seperti ini. Payudara akan tertarik dan membentuk ukuran mini, selain itu pilihlah bra dengan bantalan sehingga akan terlihat lebih penuh.
f.      Terpisah asimetris
Tidak semua perempuan memiliki ukuran yang simetris antara kedua payudaranya. Jika perbedaan ukuran tersebut mengganggu, gunakanlah bra dengan ekstra bantalan yang mudah dilepas dan dipasang sehingga memungkinkan kamu untuk memasang di sisi payudara yang lebih kecil dan melepaskan bantalan pada bagian payudara yang lebih besarnya.

g.     Berbentuk normal
Jika kamu memiliki bentuk payudara normal dengan bentuk sedikit menjorok di bagian bawah, kamu bisa menggunakan jenis bra apa saja. Lucky for you, girls!
3.    Last but not least, pilih bahan yang nyaman dan menyerap keringat
Pemilihan bahan bra juga sangat penting. Pilih yang menggunakan bahan nyaman dengan daya serap baik sehingga saat kamu berkeringat, ia dapat menyerap dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi. Jika kamu menggunakan bra dengan penopang kawat pada bagian bawah, pastikan kawat tidak menonjol keluar karena dapat melukai ‘asetmu’.
4.    Ganti bra kamu tiap 6 bulan sekali!
Karena dalam 6 bulan, bentuk bra tidak lagi bagus sehingga fungsi atau performa kinerja untuk menopang payudara telah berkurang. So, jangan lupa beli yang baru tiap 6 bulan yaa..

Itu dia 4 tips untuk memilih bra yang tepat, girls! Selain itu, ada trik lain yang perlu kamu ketahui, “Cara memakai dan merawat bra dengan tepat.” Tunggu di postingan berikutnya yaa..

You Might Also Like

0 komentar: