3 Situs Masak yang Bikin Kamu Jadi Chef Handal dan Keren dalam Sekejap

09:15:00 It's Leblung 0 Comments

Hai, girls! Ya. I say hello to you, para gadis cantik yang mulai suka berlama-lama di dapur, para gadis yang mulai semangat cari resep masakan buat orang tersayang, para ibu muda yang mulai belajar masak dengan andalan bumbu cinta dan kasih sayang meluap, and all the girls who start to love cooking!

Kali ini saya akan membagi tiga situs kesukaan saya. Ya, tidak lain dan tidak bukan karena saya adalah salah satu remaja (remaja berusia 25 tahun, *ups.) yang lagi suka mantengin resep-resep masakan yang seringkali bikin ngiler dan pengen coba. Jikalau boleh saya menyelipkan curhat di sini, saya akan ceritakan kisah saya.

Ibu saya adalah seorang yang ulet dan suka sekali bikin camilan macam kue basah, kue kering, atau roti untuk anak-anaknya. Ibu yang sebenarnya memiliki background pendidikan SMK Akuntansi, selalu suka mencoba resep baru baik yang didapat dari acara Bu Siska Suitomo (ingat kan ibu chef yang ikonik itu?), Rudy Khaerudin, atau dari majalah yang ia beli saat mengantar saya dan si abang bepergian. Ibu memang rajin mengolah bahan makanan itu menjadi camilan yang tidak hanya memanjakan lidah tapi juga menggiurkan saat dipandang. 

Saya tumbuh dengan kesibukan ibu mengelola bisnis kue-nya. Tapi apalah daya, saya yang dulu sedikit tomboy tak pernah tergerak untuk menghisap ilmu ibu. Maka bagian khusus yang disediakan ibu untuk saya tiap kali ada pesanan datang adalah membuat garnish atau hiasan kue, memikirkan bentuk kemasan yang bagus, membuat logo, dan mencicip tentu saja. Sampai di situ peran saya karena hanya part itulah yang saya suka.


Tapi kemudian ada sesosok mahluk yang menampakkan mata berbinar jika saya mencoba memasak. Ya, seorang kawan dan musuh di waktu yang sama (baca : pacar yang sudah berubah status menjadi suami). Dialah yang bikin saya semangat mencoba dan mencari resep baru. Bahkan untuk bikin sup ayam saja, saya bisa telpon ibu lebih dari 3 kali untuk memastikan resep dan takarannya sesuai. Selain bertanya pada ibu, saya aktif mencari resep-resep mudah untuk dicoba. Yaaa meski emang dari 1000 resep yang sudah di gugling, baru beberapa saja yang terealisasi. Hhi. 

Nah, saya yakin di luar sana banyak gadis-gadis dan ibu muda macam saya yang ingin membuat sesuatu yang spesial untuk orang spesial tapi memiliki kemampuan masak yang "setinggi langit tapi kemudian jatuh berdebam" alias masih cetek. So, kali ini saya akan membagikan 3 situs tentang masak memasak favorit saya. Wish it could help you, girls! 

Kokiku TV

Awalnya saya menemukan Kokiku TV di sebuah posting di Facebook. Yapp, seperti situs-situs yang lain, Kokiku TV memiliki berbagai akun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Channel Youtube. Sehingga kamu bisa memilih mengaksesnya lewat mana. Situs resminya adalah kokiku.tv.

Tampilan Kokiku.Tv
Situs ini menyediakan berbagai resep, review makanan, dan tips-tips. Eits. Tunggu dulu. Saya jatuh hati dengan situs ini karena ia menyediakan berbagai resep yummy dari olahan bahan yang mudah untuk didapat bahkan bisa dibilang resep-resepnya adalah resep modifikasi bahan makanan yang mudah didapat menjadi satu makanan yummy yang biasanya berbahan ribet. Beberapa resep yang menawan hati saya adalah: 


Lasagna dari Kulit Pangsit

Lava Cake Dark Chocolate

Pisang Goreng Cokelat

Situs yang mengaku dirinya memang tercipta untuk para pecinta kuliner ini mengemas resepnya mudah dan bahkan beberapa dilengkapi dengan video. Jadi, buat kita para pemula di dunia masak akan sangat terbantu. 

Urban Cook

Untuk yang satu ini, kamu masih ingat acara masak-memasak di Kompas TV kan? Yap. Urban Cook yang dimaksud di sini adalah Urban Cook asuhan Chef muda nan kece, Chef Yuda Bustara. Entah kenapa acara TV-nya menghilang dari Kompas TV. Saya sempat bersedih karena itu. Tapi ternyata fan page di Facebook-nya tetap aktif membagi resep hingga saat ini kok.

Tampilan Urban Cook
Saya suka Urban Cook, lagi-lagi karena resep yang diberikan mudah tapi menawarkan citarasa tingkat tinggi. Emang sih beberapa resep memerlukan bahan-bahan yang membuat kita mengernyitkan dahi karena gak tau. Tapi overall Urban Cook sangat menolong untuk kita yang pengen masak sesuatu yang baru, mudah, lezat, dan bikin nagih. Beberapa resep yang saya suka adalah : 

Orange Glazed Chicken


Baked Potato

Tiramisu

Pawon Kulon

Pawon Kulo ini bukan situs sih, namun sebuah akun Instagram @pawonkulo, yang saya temukan saat mencari resep-resep masakan rumah. Foto-foto masakan rumahan sederhana yang disajikan oleh Pawon Kulo cukup bikin saya kepo untuk melihat hasil masakannya lebih jauh. Dan benar saja, si pemilik akun mencoba memasak dengan bahan-bahan yang ia miliki. Jadi misal habis masak sop nih, wortelnya masih sisa, esok hari dia akan membuat olahan wortel ditambah beberapa bahan. Jadi, cocoklah untuk kamu yang gak pengen buang-buang bahan makanan. 

Resep tiap masakan rutin ia tulis di bagian caption gambar. Sayangnya sih tanpa dilengkapi takaran. Tapi si pemilik akun baik hati banget, pernah komen minta takaran karena masih amatir, dengan cepat dia merespon dan welcome untuk ditanya-tanya. Bahkan sekarang dikasih akun line-nya juga. Jadi semakin mudah untuk tanya-tanya resep masakan sama dia. Yeay! Dan ini dia beberapa yang saya suka : 

Semur Ayam

Cah Cumi Sawi 

Ikan Filet Asam Pedas

Okaaay. itu tadi tiga situs kesukaan saya, dan semoga 3 situs masak tadi bisa bantu bikin pemula jadi chef keren dalam sekejap. Selamat berselancar, selamat tergiur, dan selamat mencoba girls!

You Might Also Like

0 komentar: